Kebakaran Yang Melalap Ramayana Sukaramai Merupakan Kebakaran Terlama di Pekanbaru

Kebakaran Yang Melalap Ramayana Sukaramai Merupakan Kebakaran Terlama di Pekanbaru

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Insiden kebakaran yang terjadi di pusat perbelanjaan Ramayana – Sukaramai, Pekanbaru, menyedot perhatian masyarakat selama dua hari terakhir. Pasalnya ini menjadi peristiwa kebakaran yang paling lama dengan proses pemadaman memakan waktu dua hari. Seperti yang diketahui, kebakaran di pasar Ramayana – Sukaramai mulai terjadi pada hari Selasa (08/12/2015) pukul 16.00 wib dan sampai Rabu (09/12/2015) pukul 18.00 wib, api masih menyala dan belum berhasil dipadamkan, sesekali juga masih terdengar suara ledakan dari dalam.

Hampir seluruh warga Pekanbaru yang berada di pasar Ramayana – Sukaramai mengatakan bahwa ini merupakan sejarah kebakaran dan pemadaman terlama di kota ini. Hal ini juga diakui oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-Damkar) Kota Pekanbaru, Burhan Gurning ketika dihubungi GoRiaucom lewat seluler Rabu malam (09/12/2015). Ia menyebutkan ini kebakaran dengan proses pemadaman terlama di Kota Pekanbaru, karena terdapat beberapa kendala.

”Pertama, karena akses ke gedung tertutup dan sulit ditembus. Untuk masuk ke dalam juga harus menggunakan tabung oksigen dimana satu tabung hanya mampu bertahan 45 menit. Kedua, sumber air sangat jauh dari lokasi kebakaran, dimana jaraknya sampai satu kilometer dari lokasi kejadian,” ujarnya.

Burhan Gurning menambahkan, lamanya pemadaman juga dipengaruhi oleh bahan yang terbakar yakni kebanyakan berupa plastik sehingga api terus menyala. Pada kesempatan ini Gurning juga berharap kepada pemilik toko di Pekanbaru untuk menyediakan racun api sehingga memudahkan proses pada awal pemadaman.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok