Kota Depok Raih Rekor Muri

Kota Depok Raih Rekor Muri

HarianDepok.com – Berita , Baru dan pertama kalinya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar acara Festival Singkong yang diadakan di Mal Margocity Depok pada Selasa 08 Desember 2015 dengan maksud agar masyarakat kota Depok dapat mengalihkan bahan makanan pokoknya dari nasi dan berpindah ke ketela pohon agar tidak cenderung ketergantungan pangan sehingga berdampak kepada menurunnya perekonomian kota dan masyarakat.

Acara yang baru digelar pertama kalinya demi meningkatkan kesadaran masyarakat kota Depok dalam menjalankan program Pemkot Depok One Day No Rice (ODNR) ini ternyata juga telah mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat kota Depok dan juga berujung kepada diraihnya penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI). Penghargaan ini diberikannya atas adanya brownies singkong yang dibuat sepanjang 600 meter pada acara tersebut.

“Syukur alhamdulillah, dengan semangat para penyelenggara dan yang lainnya dalam membuat brownies yang berbahan dasar singkong terpanjang se Indonesia, akhirnya dapat terselesaikan dengan baik dan sukses,” tuturnya pada saat usai menerima penghargaan yang diberikan oleh pihak MURI atas pencapaiannya tersebut.

Menurut pengakuannya, pihaknya dalam mengolah singkong dan memodifikasinya sehingga dapat dijadikan menjadi kue brownies pada saat itu dikerjakan oleh para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di kota Depok. Dalam proses pembuatannya tersebut, para pembuat kue mengaku telah menghabiskan sebanyak 8.000 butir telur ayam dan 1,6 ton tepung mocaf agar dapat membuat brownies sepanjang 600 meter.

Nur Mahmudi yang juga sebagai pencetus ODNR di kota Depok sangat mengharapkan kepada seluruh masyarakat kota Depok agar dapat mengaplikasikan singkong ke kehidupan sehari harinya sebagai bahan pangan pengganti beras dan tepung. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya kandungan zat baik di dalam singkong untuk kesehatan tubuh manusia. Selain daripada itu singkong pun juga memiliki zat baik yang berguna bagi kecantikan kulit.

“Terapkan mulai sekarang juga dalam merubah kebiasaan lama yang kerap mengkonsumsi nasi beralih kepada mengkonsumsi karbohidrat pengganti nasi agar kondisi tubuh dapat terus terjaga kesehatannya dan tidak mudah terserang penyakit. Maka daripada itu jadikanlah singkong menjadi bahan pangan utama pengganti nasi,” katanya.

Dengan adanya perubahan pola pikir dalam mengkonsumsi makanan sehari hari dan berpindah dari nasi ke bahan pangan yang lainnya seperti singkong, diharapkannya dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan perekonomian masyarakat kota Depok sehingga dapat maju terus dan berkembang menjadi kota percontohan untuk kota kota yang lainnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)