Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Jalan Utama Di Depok Tergenang Air

Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Jalan Utama Di Depok Tergenang Air

HarianDepok.com – Berita , Musim penghujan yang saat ini sudah memasuki wilayah kota Depok dan sekitarnya membuat sejumlah lokasi jalan utama yang ada di kota Depok tergenang air setinggi 10 sampai dengan 30 sentimeter. Hal ini disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi dan berdurasi cukup lama sehingga saluran air tidak mampu lagi menampung debit air hujan yang tinggi.

Akibat dari adanya genangan air tersebut, kemacetan di sepanjang jalan jalan utama di kota Depok mengalami kemacetan yang cukup parah, ini dikarenakan oleh banyaknya para pengendara baik itu pengendara motor sampai dengan pengendara mobil yang mengurangi laju kecepatan kendaraannya. Diketahui bahwa genangan air yang paling parah terjadi di ruas Jalan Margonda Raya, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Kartini dan di sepanjang Jalan Dewi Sartika.

Eko, salah satu warga kota Depok yang biasa melintasi Jalan Margonda Raya untuk bekerja sehari hari mengungkapkan, curah hujan yang terbilang tinggi pada akhir akhir ini membuat saluran air yang letaknya berada di bahu jalan tidak mampu lagi menampung debit air yang cukup tinggi. Alhasil air hujan yang turun menggenangi sepanjang jalan sehingga menyebabkan kemacetan yang cukup panjang.

“Memang dalam beberapa hari terakhir ini curah hujan memang terbilang sangat tinggi dan debit hujannya pun juga terbilang sangat banyak, karena salurannya yang berada di bahu jalan belum sepenuhnya maksimal, maka akibatnya ya begini, banjir dimana mana yang menyebabkan kemacetan yang parah,” jelasnya.

Di jalan utama yang lainnya pun juga kerap ia temui apabila diguyur hujan deras, maka jalan utama seperti di Jalan Dewi Sartika tergenang air sampai dengan setinggi 30 sentimeter. Hal ini diduga disebabkan oleh banyaknya sampah sampah liar yang dibuang disepanjang saluran air di jalan tersebut sehingga menyebabkan aliran air tersumbat dan memancing terjadinya banjir sampai ke Jalan.

Senada dengan Eko, Firman warga Depok yang berprofesi sebagai karyawan swasta di salah satu perusahaan yang berada di bilangan Jakarta sangat menyayangkan akan adanya proyek penataan saluran drainase yang berada di sepanjang jalan Margonda yang menghabiskan dana sampai dengan miliaran rupiah masih belum mampu mengatasi air hujan yang turun akhir akhir ini.

Dia menduga adanya pembuatan saluran air yang dikerjakan secara asal asalan sehingga air tidak dapat tertampung dengan baik dan mengakibatkan sepanjang jalan Margonda Raya masih diselimuti genangan air. Maka daripada itu, dirinya sangat mengharapkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk langsung terjun ke lapangan guna mencarikan solusi dari permasalahan banjir yang setiap tahunnya terjadi di sejumlah jalan jalan utama di kota Depok sesegera mungkin agar masyarakat tidak dirugikan.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)