Penegakkan KTR di Kota Depok Masih Terus Dilakukan

Penegakkan KTR di Kota Depok Masih Terus Dilakukan

HarianDepok.com – Berita , Pada beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, giat melakukan penertiban Kawasan Tanpa Rokok disejumlah tempat yang dimana diawali di lingkungan Balaikota Depok. Setelah Balaikota Depok ditelusuri dan telah dianggapnya steril terhadap rokok, petugas Satpol PP kota Depok pun diinstruksikan membenahi sejumlah pasar modern terhadap rokok.

Dan hasilnya, petugas mendapati sejumlah stand elektronik menyediakan fasilitas bagi perokok seperti adanya asbak rokok yang terpajang disetiap etalasenya. Guna menegakkan Peraturan Daerag Nomor 3 Tahun 2014 mengenai Kawasan Tanpa Rokok, akhirnya petugas pun menyita sejumlah asbak dari sejumlah toko elektronik dan memberikan himbauan kepada para pemilik toko agar tidak mengulanginya lagi dikemudian hari.

Dengan diterbitkan dan diresmikannya payung hukum mengenai Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di wilayah kota Depok, Satpol PP kota Depok pun menyatakan akan terus melakukan penertiban kepada sejumlah warga yang merokok di kawasan terlarang. Hal ini dinyatakan langsung oleh Kepala Bidang Penegakkan dan Peraturan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Yamrin Madina.

“Guna menegakkan hukum mengenai KTR di wilayah kota Depok, pihak kami sudah memiliki sejumlah kendaraan operasional yang akan digunakan sebagai sarana pendukung penegakkan Perda tentang KTR di sejumlah wilayah yang ada di kota Depok. Hal ini dimaksudkan agar dapat memudahkan anggota kami dalam menertibkan dan menegakkan Perda mengenai KTR di kota Depok,” ujarnya di Depok, Senin (07/12/2015).

Untuk memaksimalkan penertiban tersebut, pihaknya mengaku akan bekerjasam dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dalam menegakkan aturan KTR di kota Depok. Sampai dengan saat ini, Yamrin mengaku telah melakukan penertiban KTR disejumlah tempat keramaian kota yang diantaranya adalah Mal dan sejumlah tempat umum yang lainnya.

“Di Balaikota pun juga sudah kami lakukan penertiban mengenai larangan merokok dengan dilandasi oleh adanya Perda yang mengatur KTR di wilayah kota Depok. Beberapa instansi Pemerintah yang sempat dilakukan penyelidikan dan razia KTR diantaranya adalah kantor Dinas Perhubungan (Dishub) kota Depok dan kantor Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda) kota Depok.:

“Disekitar Balaikota Depok pun juga sudah kami laksanakan penertibannya. Dan rrencananya nanti kami juga akan melakukan kunjungan sidak ke lingkungan rumah sakit yang ada di kota Depok,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, bahwa pihaknya dalam melakukan penertiban KTR dimanapun tidak akan melakukan pilah pilih dan tanpa pandang bulu dalam menegakkan peraturan yang ada. Apabila ada yang ditemukan merokok di sembarang tempat meskipun itu petugas yang berasal dari pemerintahan ataupun warga biasa akan tetap ditindak tegas melalui hukum yang berlaku.

“Pihak kami dalam menegakkan hukum tidak pandang bulu, semuanya sama. Dan bagi yang berprofesi sebagai PNS apabila ada yang melanggar ketentuan, maka mereka akan kami laporkan ke pihak BKD sampai dengan BKN guna diberikan sanksi tegas,” tandasnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: