Ratusan Personil Pengamanan Pilkada Depok Laksanakan Apel Kesiapan di Balaikota Depok

Ratusan Personil Pengamanan Pilkada Depok Laksanakan Apel Kesiapan di Balaikota Depok

HarianDepok.com – Berita , Menjelang acara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di kota Depok yang akan diselenggarakan pada 09 Desember 2015 mendatang pada hari senin 07 Desember 2015 pagi hari, sebanyak 500 personil yang terdiri dari berbagai perangkat keamanan daerah dan instansi terkait lainnya terlihat tengah mengikuti jalannya apel kesiapan pengamanan pemungutan suara Pilkada di Kota Depok yang akan dilangsungkan serentak dengan kota yang lainnya.

Apel kesiapan yang diselenggarakan di lapangan Balaikota Depok tersebut dimaksudkan untuk mengecek sejumlah persiapan seluruh petugas dari berbagai elemen yang terdiri dari Polresta Depok, Kodim 0508, Polda, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota depok dan Dinas Perhubungan (Dishub) kota Depok yang juga dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan pengamanan tahapan pemungutan suara di seluruh TPS yang ada di 11 Kecamatan di kota Depok agar selalu di dalam keadaan yang kondusif.

Kapolresta Depok, Komisaris Besar Polisi Dwiyono dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan, semoga dengan diadakannya apel kesiapan saat ini dapat mewujudkan kerjasama dan kinerja yang baik antara seluruh petugas dalam mengamankan jalannya pemungutan suara di acara Pilkada Depok nanti agar selalu berada di keadaan yang baik.

“Dengan diadakannya apel kesiapan ini, saya berharap dapat tercipta kerjasama dan kinerja yang maksimal antara seluruh petugas yang diberikan tanggung jawab dalam mengamankan jalannya pemungutan suara agar selalu berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan dan berada di dalam keadaaan yang kondusif,” ujarnya pada saat memberikan pidatonya pada apel kesiapan di Balaikota Depok Senin (07/12/2015).

Dwiyono juga mengungkapkan bahwa Pilkada yang akan dilangsungkan di wilayah kota Depok nanti ada beberapa tahapan yang harus selalu diperhatikan dan diawasi oleh seluruh petugas pengamanan agar selalu dalam keadaan yang aman dan tertib. Beberapa tahapan yang dimaksudkannya diantaranya terdiri dari tahapan masa berkampanye para pasangan Cawalkot Depok, tahapan masa tenang dan tahapan pemungutan suara.

Tahapan tahapan tersebut eloknya harus terus diawasi dan diantisipasi oleh seluruh petugas keamanan. Hal ini dimaksudkan guna mencegah kekisruhan yang terjadi di lapangannya mengingat kedua para pasangan Cawalkot Depok memiliki tim pendukung yang notabene akan terus berusaha menarik perhatian masyarakat guna mendapatkan dukungan sehingga para pasangan Cawalkot dukungannya dapat melaju dan menduduki kursi tertinggi di kota Depok.

Dari kesiapan para petugas pada pelaksanaan Pilkada nanti diperkirakan akan mengerahkan petugas keamanan sebanyak 1.800 orang yang berasal dari berbagai perangkat keamanan daerah yang diantaranya 1.000 petugas dari Polresta Depok, 300 petugas dsti Kodim 0508 Depok serta sisanya terdiri dari Polda Metro Jaya. Seluruh petugas tersebut nantinya akan dibentuk menjadi beberapa tim dan akan disebar ke 3.235 TPS yang ada di seluruh wilayah kota Depok.

Sementara itu, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail dalam tanggapannya mengenai kesiapan para petugas dalam mengamankan jalannya Pilkada nanti berharap pada pelaksanaannya akan dapat berjalan dengan mulus dan lancar. Lebih lebih dengan adanya tim pengamanan yang akan disebar dan ditempatkan di seluruh TPS guna mengantisipasi timbulnya kekacauan pada saat pemungutan suara nanti.

“Semoga seluruh petugas keamanan dapat selalu mewujudkan lingkungan yang kondusif pada acara Pilkada nanti serta dapat selalu bersinergi dengan petugas lainnya demi menyukseskan jalannya Pilkada. Maka daripada itu, saya mengharapkan agar seluruh petugas dapat selalu memantau perkembangan dan jalannya pemungutan suara di TPS dan pembawaam hasil ke PPS dan PPK,” tandasnya.(Izl)

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok