Tips Menjaga Gula Darah Agar Tidak Melonjak Naik

Tips Menjaga Gula Darah Agar Tidak Melonjak Naik

HarianDepok.com – Kesehatan , Dengan mengatur asupan pola makan serta menjaga gaya hidup dapat mencegah gula darah melonjak naik. Sehingga risiko terjadinya diabetes pun akan menurun. Tidaklah sulit untuk menjaga gula darah dalam batas normal. Berikut beberapa tips mencegah gula darah naik seperti yang dikutip dari laman Men’s Health, Jumat (04/12/2015).

  1. Rutin berolahraga

Tak perlu lama-lama berolahraga, cukup dengan 20-30 menit setiap kali, sebanyak 5-6 kali dalam seminggu sudah cukup untuk membuat insulin dalam tubuh tak alami masalah. Agar tetap rutin berolahraga, pilihlah olahraga yang disuka.

  1. Makan sering porsi sedikit

Daripada makan sekali dalam jumlah banyak, lebih sedikit namun frekuensi sering seperti dalam 2-3 jam sekali. Menurut dokter Keith W. Berkowitz, M.D, hal ini mampu mencegah gula darah turun, sehingga dapat memicu pergolakan gula darah.

  1. Pilih camilan kuaci

Konsumsi kuaci dalam jumlah kecil tak akan memengaruhi gula darah. Kuaci merupakan makanan kaya magnesium dan mineral yang melawan resistensi insulin, menurut studi dari Tufts University, Amerika Serikat.

  1. Kayu manis dalam berbagai makanan

Studi menunjukkan konsumsi makanan yang mengandung kayu manis dapat meningkatkan sensitivitas insulin. “Tak perlu suplemen mahal untuk menjaga sensitivitas insulin, kayu manis pun bisa,” terang penulis The Most Effective Natural Cures on Earth, Johny Bawden.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: