Sekolah Ini Dibangun Dengan Mengelilingi Sebuah Pohon

sekolah-ini-dibangun-dengan-mengelilingi-sebuah-pohon

HarianDepok.com – Berita Unik – Sebuah taman kanan-kanak di Tachikawa Jepang memiliki sebuah kelas dan taman bermain yang cukup unik. Struktur yang dibangun untuk belajar sekaligus bermain tersebut berbentuk bundar melingkari sebuah pohon besar yang berada di wilayah tersebut.

Taman kanak-kanak ini berada di di wilayah Tachikawa Jepang dan memiliki sebuah struktur yang dibangun mengelilingi sebuah pohon zelkova. Sebelumnya Sekolah yang bernama TK Fuji ini telah memiliki bangunan yang berada di sekitar pohon tersebut. Bangunan lama dan struktur baru yang dibangun di sekolah tersebut merupakan karya dari arsitek Yui dan Takaharu Tezuka.

TK yang mengelilingi sebuah pohon domusweb.it

Ide dasar dari bangunan ini adalah untuk membuat sebuah bangunan perantara dari gedung utama sekolah tersebut dan jalan di depannya. Struktur baru ini juga dimaksudkan sebagai tempat bermain, belajar bahasa asing, dan juga untuk menunggu bus sekolah. Tindakan yang dilakukan oleh duo arsitek tersebut adalah membuat sebuah struktur bangunan yang melingkari dan dilindungi oleh rindangnya pohon zelkova yang ada di sekolah tersebut.

TK yang mengelilingi sebuah pohon domusweb.it

Pohon zelkova sendiri adalah salah satu tanaman yang khas dan tumbuh di wilayah Asia Timur termasuk Jepang, pohon ini biasanya juga dibudidayakan sebagai bonsai. Pohon yang dikelilingi oleh bangunan ini sendiri dianggap sebagai sebuah pohon yang keramat dan ajaib oleh penduduk sekitar. Pohon ini telah ada sejak 50 tahun yang lalu dan sempat hampir tumbang karena tertiup angin topan.

TK yang mengelilingi sebuah pohon domusweb.it

Walaupun sudah sempat mengering tetapi ternyata pohon ini dapat hidup kembali. Dilansir dari Domus, sesepuh di wilayah tersebut mengatakan bahwa pohon tersebut tidak mati karena sejak zaman dahulu telah digunakan oleh anak-anak sebagai tempat bermain, bahkan sebelum ada TK Fuji.

TK yang mengelilingi sebuah pohon domusweb.it

Saat ini pohon tersebut telah mampu tumbuh kembali dan tetap menjadi tempat bermain untuk anak-anak walaupun telah terjadi perubahan terhadap bentuk yang ada. Pohon ini diharap dapat tetap menjadi tempat yang disukai oleh anak-anak untuk beberapa tahun ke depan.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer