Perusahaan Kereta Api Jepang Bangun Jalur Khusus Buat Kura – Kura

perusahaan-kereta-api-jepang-bangun-jalur-khusus-buat-kura-kura

HarianDepok.com – Berita Unik – Jepang memang negara yang mengutamakan keselamatan warganya. Segala fasilitas umum di negara ini dibangun dengan tingkat keamanan dan keselamatan tinggi. Tujuannya adalah memastikan keamanan warga, bahkan meskipun warga yang dimaksud bukan manusia.

Dilansir Rocketnews24 (28/11), The West Japan Railway Company dan Suma Aqualife Park yang berlokasi di Kobe telah bekerja sama untuk membangun jalur perlintasan yang aman bagi kura-kura.

Kenapa kura-kura saja harus dipastikan keselamatannya? Pasalnya Suma Aqualife Park adalah akuarium raksasa di pantai di Kobe yang menarik banyak wisatawan dari berbagai daerah. Kebanyakan dari wisatawan yang berkunjung ke sana menggunakan kereta api sebagai alat transportasi. Masalahnya karena dekat dengan laut, jalur kereta api di sana juga sering jadi tempat melintas kura-kura.

Setiap tahun ada saja kura-kura yang terjebak di rel kereta api. Tak hanya berbahaya bagi kura-kura yang berisiko terlindas kereta, hal ini juga menyebabkan keterlambatan jadwal kereta, kerusakan pada rel, bahkan kecelekaan.

Jalur khusus kura-kura di Jepang 2015 Suma Aqualife Park

Jadi solusi untuk mencegah kejadian tak diinginkan adalah dengan menciptakan jalur lintasan yang aman untuk kura-kura di sepanjang rel kereta api. Jalur berbentuk pipa ini ditempatkan di bawah rel dan cukup luas untuk dilalui kura-kura. Dengan begini kecelakaan karena roda kereta melindas tempurung kura-kura bisa dihindari.

Jalur khusus kura-kura di Jepang 2015 Suma Aqualife Park

Rute perlintasan khusus kura-kura ini mulai dioperasikan sejak April tahun ini. Menurut laporan, sejauh ini sudah ada 10 kura-kura yang menggunakan fasilitas tersebut. Ini berarti 10 satwa liar berhasil diselamatkan dan 10 kecelakaan bisa dicegah.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer