Disdukcapil Depok Terbitkan Kartu Identitas Anak Guna Memenuhi Kebutuhan Anak Kota Depok

Disdukcapil Depok Terbitkan Kartu Identitas Anak Guna Memenuhi Kebutuhan Anak Kota Depok

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam ambisinya mewujudkan kota Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA) saat ini telah melakukan beberapa program terbaru untuk menunjang upayanya menciptakan kota yang ramah, aman dan sesuai dengan kebutuhan anak anak. Beberapa program yang sudah diterapkan oleh Pemkot Depok dalam hal tersebut diantaranya adalah menciptakan ruang terbuka hijau untuk bermain anak anak, memberikan fasilitas kesehatan.

Selain daripada itu Pemkot Depok melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok telah menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak yang tinggal dan berdomisili serta terdaftar di dalam Kartu Keluarga di wilayah kota Depok. Hal tersebut dimaksudkan untuk menunjang kebutuhan anak anak mulai dari pendidikan sampai dengan kesehatannya.

Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan, Pemkot Depok akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan anak yang ada di kota Depok mulai kebutuhan jasmani sampai dengan rohaninya sehingga dapat tercipta generasi penerus yang baik dan mampu membawa kota Depok lebih baik lagi.

“Pemkot Depok terus berusaha untuk memenuhi hak sipil anak dan juga mendorong peningkatan kesejahteraan anak baik secara jasmani maupun rohani sehingga anak anak yang ada di wilayah kota Depok dapat berkembang dengan baik karena terpenuhi semua kebutuhannya,” ujarnya di Depok, Rabu (03/11/2015).

Idris pun menjelaskan, KIA yang saat ini diterbitkan oleh pihak Disdukcapil kota Depok didasari oleh Undang Undang tentang Kota Layak Anak dan merujuk kepada PP dan Peraturan Daerah (Perda) kota Depok yang ditujukan untuk memenuhi semua kebutuhan anak secara teknis. Hal tersebut juga merupakan salah satu kebijakan Pemkot Depok dalam mewujudkan Kota Layak Anak.

“Salah satu manfaat dari KIA yang nantinya akan dapat digunakan adalah memberikan keringanan masyarakat dalam hal pembayaran terhadap fasilitas yang diberikan oleh sejumlah rekan kerja Pemkot Depok yang sebelumnya sudah ada kesepakaran diantara kedua belah pihak untuk menunjang kebutuhan anak di wilayah kota Depok,” tuturnya.

Ia pun mengungkapkan, sangat mengapresiasikan kontribusi para rekan kerja dan mitra pendukung Pemkot Depok yang telah bersedia dan mau bekerjasama demi mewujudkan kota Depok sebagai Kota Layak Anak melalui Kartu Identitas Anak. Dirinya sangat berharap kerjasama yang telah terjalin selama ini dapat terus terjaga dan berjalan dengan baik sehingga kota Depok menjadi Kota Layak Anak dan menjadi percontohan bagi kota yang lainnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)