Ini Sejarah Hari AIDS Sedunia Yang Dirayakan Setiap 1 Desember

Ini Sejarah Hari AIDS Sedunia Yang Dirayakan Setiap 1 Desember

HarianDepok.com  – Berita – Internasional , Tepat setiap tanggal 1 Desember masyarakat dunia memperingati hari AIDS sedunia atau world AIDS day. Hal itu dilakukan agar setiap orang bisa mengerti akan bahaya wabah penyakit tersebut yang disebabkan oleh tersebarnya virus HIV. Awal mula adanya perayaan hari AIDS sedunia diprakarsai oleh James W . Bunn dan Thomas Netter pada tahun 1987 di Geneva, Swiss. Mereka berdua menyodorkan gagasannya ke Dirut Program AIDS Global yang saat ini di kenal dengan UNAIDS yakni DR. Jonathan Mann.

Dan ternyata Dr. Mann pun menyetujui dan menerimanya, kemudian membuat ide menjadikan tanggal 1 Desember 1988 menjadi peringatan pertama Hari AIDS Sedunia. Kala itu James mengeluarkan anjuran agar di pastikan harus diliput oleh media. Pasalnya yaitu hal yang utama untuk keberhasilan Hari AIDS Sedunia. James yang dulunya adalah seorang reporter pun lalu waktu itu bekerjasama dengan Nansy Saslow, adalah produsernya untuk mencari cara seperti apa melakukan start “AIDS lifeline” (Tali Nyawa AIDS) itu.

“AIDS Lifeline” adalah kampanye yang bertujuan menyadarkan warga serta juga untuk pendidikan kesehatan yang dikerjakan di sejumlah stasiun TV di AS yang akhirnya “AIDS Lifeline” menerima penghargaan Peabody. Dan di 1986 pula meraih gelar “Presidential Citation for Private Sector Initiatives”. Lalu di 1996 Program bareng PBB untuk HIV/AIDS (UNAIDS) lalu mengerjakan kampanye AIDS sedunia dalam upaya pencegahan, berbagi informasi serta pendidikan sepanjang tahun.

Tema Hari AIDS dalam dua tahun pertama difokuskan ke orang muda serta anak-anak saja, tetapi muncul kritikan waktu itu sebab semua orang berapapun itu umurnya bisa terinfeksi HIV serta menderita AIDS. Maka di 2004 kampanye itu dikerjakan sebagai organisasi yang berdiri sendiri. Sejak dikeluarkannya sampai 2004, UNAIDS dalam kampanyenya mengadakan tema-tema pertahun berkonsultasi dengan komunitas-komunitas kesehatan yang lain.

Pada tahun 2008, tema Hari AIDS Sedunia ditetapkan oleh Komite Pengarah Global Kampanye Hari AIDS Sedunia setelah berkonsultasi bersama banyak pihak. Saat masuk Hari AIDS Sedunia tahun 2005 hingga 2010, temanya yaitu ‘Stop AIDS, Pelihara Janjinya’, dengan sebuah sub-tema tahunan. Tema payung itu digunakan untuk memacu setiap pemimpin politik pada komitmennya untuk memberikan akses sedunia untuk pencegahan, pemeliharaan, perawatan, dan dukungan pada para korban HIV/AIDS di tahun 2010.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok