Disperindag Depok Berikan Pelatihan Servis Mesin Jahit

Disperindag Depok Berikan Pelatihan Servis Mesin Jahit

HarianDepok.com – Berita , Usaha konveksi adalah salah satu usaha yang saat ini paling digandrungi oleh sejumlah pengusaha yang ada di Indonesia. Bayangkan saja, hanya dengan memiliki keterampilan menjahit dan mendesain pakaian seseorang dapat terkenal dan mampu bersaing dengan negara yang lainnya dan memiliki pendapatan yang terbilang cukup besar.

Melihat potensinya tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok langsung mengadakan sejumlah pelatihan servis mesin jahit yang diperuntukkan kepada masyarakat kota Depok agar dapat memiliki penghasilan yang baik dan mampu bersaing dengan kota yang lainnya di Indonesia.

Kepala Bidang Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota Depok, Catur Sri Astuti mengatakan, pihaknya sengaja menggelar pelatihan tersebut yang dimaksudkan agar masyarakat kota Depok dapat memiliki keahlian dan keterampilan sehingga mereka diharapkan mendapatkan pekerjaan dan memiliki penghasilan untuk kehidupannya sendiri. Selain daripada itu, pelatihan ini dimaksudkan juga sebagai salah satu upaya pemerintah kota (Pemkot) Depok dalam menekan pengangguran di wilayahnya.

“Kami berupaya membekali masyarakat Depok yang sampai saat ini belum memiliki pekerjaan dengan membekali mereka keterampilan servis mesin jahit. Selain daripada itu, upaya ini juga kami maksudkan agar dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di kota Depok,” ujarnya di Depok, Senin (30/11/2015).

Pelatihan yang diikuti oleh 30 orang peserta pada waktu itu, dalam pelaksanaannya pelatihan tersebut dibagi kembali menjadi tiga kelompok yang pada masing masing kelompoknya berjumlah sekitar 10 orang. Di tiap kelompoknya, para peserta diberikan pengetahuan dan dibimbing oleh para narasumber dan instuktur yang berasal dari LPK Labi Labi yang difasilitasi dengan mesin jahit yang dapat dibongkar pasang oleh para peserta yang mengikuti pelatihan tersebut.

“Mudah mudahan bisa diambil ilmunya yang sudah diberikan oleh para instruktur sehingga kedepannya para peserta dapat membuka peluang kerja dan usaha sendiri dalam mengimplementasikan hasil yang sudah didapatkannya di dalam pelatihan ini guna menunjang kehidupannya sehari hari,” katanya.

Adapun materi pelatihan yang diberikan kepada para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut antara lain, pengenalan komponen mesin jahit dan fungsinya, cara membongkar pasang komponen mesin, mengenal permasalahan di dalam mesin jahit seperti benang mudah putus dan hasil jahitan yang kurang baik.

Dengan diadakannya pelatihan tersebut, diharapkannya masyarakat kota Depok khususnya bagi yang belum memiliki pekerjaan, dapat membuka usaha minimal dapat bekerja di tempat usaha perbaikan mesin jahit sehingga dapat menghasilkan dan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)