Ini Cara Mencegah Penularan HIV Ibu Hamil ke Janin

Ini Cara Mencegah Penularan HIV Ibu Hamil ke Janin

HarianDepok.com – Kesehatan , Dengan mengonsumsi obat antiretroviral pada ibu yang positif terkena HIV mmapu mencegah penularan virus ini ke janin. Obat antiretroviral mampu menekan jumlah virus dalam darah sehingga tidak tertular pada bayi.

“Kita kan tidak tahu pada saat kapan janin bisa terinfeksi HIV, tetapi bila diketahui sedini mungkin bisa mengurangi risiko penularan virus dari ibu ke janin,” ujar Kasubdit AIDS dan IMS, Ditjen Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes RI, dr Siti Nadia Tarmizi, di kantor Kemenkes RI pada Senin (30/11/2015).

Oleh sebab itu penting sekali untuk melakukan tes HIV pada pemeriksaan pertama kehamilan. Jika dari awal pemeriksaan sudah diketahui, lalu diikuti dengan mengonsumsi obat antiretroviral selama enam bulan ke depan tanpa henti mampu meminimalkan jumlah virus dalam darah.

“Penularan HIV itu kan melalui darah, pada kasus ibu hamil, janin makan lewat tali plasenta. Tali plasenta itu kan darah. Tapi jika sudah minum ARV dapat menekan virus dalam jumlah minimun sehingga tidak terjadi perpindahan virus dalam darah,”  tutur dokter Nadia. Risiko penularan HIV pada saat kehamilan sekitar 2-10 persen. Oleh sebab itu, dokter Nadia menekankan bagi ibu hamil untuk segera lakukan pemeriksaan HIV pada saat awal kehamilannya.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: