KPA Kota Depok Gelar Tes HIV Gratis

KPA Kota Depok Gelar Tes HIV Gratis

HarianDepok.com – Berita , Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 01 Desember 2015 disikapi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang melalui Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) kota Depok bersama sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Depok yang akan melaksanakan tes HIV secara cuma cuma alias gratis bagi masyarakat kota Depok.

Kegiatan ini ditujukan agar kota Depok dapat terbebas dari penyebaran virus HIV AIDS yang mematikan dan juga dapat langsung memberikan tindakan khusus bagi para penderita HIV untuk diberikan pertolongan sehingga dapat terus menjalankan kehidupannya seperti orang normal yang lainnya.

Advokasi Sekretariat KPA, Wimbo Asmoro mengatakan, kegiatan ini memang kerap dilakukan di tiap tahunnya atas dasar instruksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dan World Health Organization (WHO) dalam menanggulangi virus HIV. Di dalam setiap tahunnya, pelaksanaan kegiatan ini diberikan kepada instansi yang berbeda beda.

Adapun saat ini diberikan kepada Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang sebelumnya diberikan kepada Kementerian Kehakiman Republik Indonesia. Maka daripada itu, karena di tahun ini dipegang oleh Kementerian Perhubungan, maka diserahkan kembali kepada Dinas Perhubungan.

“Karena saat ini yang ditunjuk adalah Kementerian Perhubungan, maka untuk pelaksanaannya di wilayah kota Depok leading sektor pelaksanaannya kami serahkan kepada Dinas Perhubungan kota Depok,” ujarnya Senin (30/11/2015).

Di dalam pelaksanaannya, tes HIV akan dilakukan dengan cara berkeliling ke beberapa lokasi. Sejumlah lokasi yanv akan digunakan untuk melakukan kegiatan tersebut diantaranya adalah Poli Pemda, Terminal Depok, ITC Depok, Pasat Tugu Palsi Gunung dan Stasiun Depok Baru. Untuk kegiatannya sendiri akan dibuka pasa 08.00 pagi sampai dengan selesai dengan target sebanyak 1.000 orang.

Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) kota Depok akan melakukan apel pagi di Terminal Depok yang selanjutnya kepada masing masing petugas akan diberikan leaflet berupa pengumuman kepada masyarakat yang sedang melakukan kegiatan di jalan raya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan san Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Depok, Agus Gojali mengatakan hal yang serupa dengan melakukan beberapa tahapan dengan tahapan pertama akan dilakukan konseling mengenai HIV/AIDS yang selanjutnya masyarakat akan diperiksa dan diambil sampel darahnya untuk di cek apakah terjangkit virus HIV atau tidak.

“Setelah masyarakat yang telah kami periksa kondisi fisik dan darahnya, maka akan dapat langsung memperoleh dan mengetahui hasil dari pemeriksaan pada hari itu juga apakah mereka mengidap penyakit berbahaya tersebut atau tidak. Maka daripada itu, kami sangat mengharapkan partisipasi dari masyarakat untuk mau mendukung kegiatan ini dengan mengecek kesehatan mereka kepada kami,” katanya.

Dengan diadakannya kegiatan seperti ini di setiap tahun, diharapkannya KPA kota Depok dapat benar benar menanggulangi HIV/AIDS di kota Depok agar tidak terus berkembang biak dan menyebar ke seluruh wilayah kota Depok.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)