Hadapi Libur Natal dan Tahun Baru, KAI Luncurkan Kereta Api Penumpang Terpanjang

Hadapi Libur Natal dan Tahun Baru, KAI Luncurkan Kereta Api Penumpang Terpanjang

HarianDepok.com – Bisnis , Untuk melayani penumpang pada momen libur Natal dan Tahun Baru, PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal mengoperasikan kereta api penumpang jarak jauh? dengan menggunakan 16 gerbong kereta. KA Kertajaya Tambahan, yang akan menarik 16 gerbong itu rencananya mulai beroperasi pada 4 Desember 2015. Dari banyaknya jumlah gerbong yang ditarik, membuat  KA Kertajaya Tambahan ini menjadi KA penumpang terpanjang dari yang selama ini hanya 9 sampai 10 gerbong.

Menurut EVP Corporat Communication KAI Agus Komarudin menuturkan, penjualan tiket KA Keratajaya Tambahan ini sudah dilakukan sejak 26 November. Dengan rangkaian yang lebih panjang tersebut, lanjut Agus, KA Kertajaya Tambahan ini dapat mengangkut 1484 penumpang sekali jalan. Berbeda dengan kereta reguler lainnya, KA Kertajaya Tambahan ini hanya akan dioperasikan saat-saat akhir pekan.

?Adapun jam keberangkatan KA ini dari Stasiun Pasar Senen pada pukul 23.15 WIB dan akan tiba di Stasiun Pasar Turi, Surabaya pada pukul 10.25 WIB di hari berikutnya. Sedangkan untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Turi sendiri pada pukul 22.00 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pada pukul 09.00 WIB. “Tetapi, khusus untuk masa Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, KA Kertajaya Tambahan akan dioperasikan 2 hari sekali?,” ujar Agus.

Agus menjelaskan, 16 gerbong tersebut nantinya terdiri dari 14 gerbong penumpang dan 2 gerbong restorasi dan pembangkit yang akan ditempatkan pada bagian depan dan belakang kereta. Bagi masyarakat yang ingin mencoba layanan KA Kertajaya Tambahan sudah bisa melakukan pembelian sejak 26 November 2015 lewat channel resmi pembelian tiket KA dengan tarif promo sebesar Rp 125.000,- yang berlaku mulai keberangkatan tanggal 4 Desember 2015 sampai 10 Januari 2016.

Dengan diluncurkannya KA Kertajaya Tambahan dengan rangkaian yang lebih panjang ini, masyarakat mempunyai lebih banyak pilihan jadwal keberangkatan dengan KA pada akhir pekan. Pengoperasian KA ini pada masa Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 juga diharapkan mampu mengurangi kemacetan di jalan raya, terutama lintas Pantura, pada musim liburan akhir tahun kali ini.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: