Rayakan Hari Thanksgiving, Obama Berharap Warga AS Bisa Terima Pengungsi Suriah

Rayakan Hari Thanksgiving, Obama Berharap Warga AS Bisa Terima Pengungsi Suriah

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Selain sebagai ekspresi rasa syukur, Hari Raya Thanksgiving di Amerika Serikat (AS) juga merupakan awal sejarah “Negeri Paman Sam”. Thanksgiving dalam sejarahnya, adalah hari peringatan kedatangan gelombang pertama imigran Eropa ke Amerika Utara. Pada perayaan ini juga, Presiden AS, Barack Obama, kembali mengingatkan tentang pentingnya segenap masyarakat AS, untuk mau menerima dengan tangan terbuka para pengungsi Suriah.

Obama pun mengaitkan kedatangan gelombang imigran Eropa pada abad ke-17 yang diangkut oleh Kapal Mayflower, untuk kemudian menetap di Massachussets. Mereka melarikan diri dari Inggris demi kehidupan yang lebih layak. Begitu juga dengan para pengungsi Suriah. “Hampir empat abad usai Kapal Mayflower berlayar, saat ini dunia masih melihat banyak pengungsi. Pria dan wanita yang mengungsi, tidak menginginkan hal lebih, selain mencari kesempatan hidup yang lebih aman, masa depan yang lebih baik untuk mereka dan keluarganya,” tutur Obama.

Namun sayang, hal tersebut kerap mendapat penentangan. Dikabarkan sejumlah gubernur negara-negara bagian AS, menolak kedatangan pengungsi Suriah, karena dikhawatirkan akan ada oknum teroris yang menyamar sebagai imigran. Menanggapi soal ini, Obama mengatakan bahwa para pengungsi yang datang ke tanah ‘Amrik’, bakal di-screening dengan ketat.

“Masyarakat harus ingat bahwa tidak ada satu pun pengungsi yang akan bisa melewati perbatasan negara kita, sampai mereka melalui pengecekan dengan tingkat keamanan tertinggi, seperti semua orang yang berperjalanan ke AS,” sambungnya seperti yang dikutip The Guardian, Jumat (27/11/2015).

Soal kebijakannya yang ingin membuka pintu lebar-lebar bagi pengungsi Suriah, presiden yang pernah bersekolah di Indonesia itu, mengaku mendapat banyak dukungan dari warga AS sendiri. Obama mengaku mendapat banyak surat dari warga AS yang mendukung pemberian suaka bagi pengungsi Suriah.

“Seorang wanita dari Pennsylvania menulis surat pada saya. Katanya, keuangan kami memang pas-pasan, tapi saya punya ruang tamu. Saya punya dapur dengan penuh makanan. Kita bisa melakukannya (menyambut pengungsi),” ujar Obama. “Seorang wanita lain dari Florida juga menuliskan surat pada saya bahwa keluarganya memiliki asal-usul sejarah yang berkaitan dengan kapal Mayflower dan dia berkata akan menyambut sesama pengungsi,” ujarnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok