Dianggap Lecehkan Budaya Sunda, Habib Rizieq Dilaporkan ke Polisi

Dianggap Lecehkan Budaya Sunda, Habib Rizieq Dilaporkan ke Polisi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sejumlah budayawan serta ormas di Bandung, Jawa Barat, pada Kamis siang (26/11/2015) berkumpul di Kantor Pusat Angkatan Muda Siliwangi (AMS) di Jalan Braga, Kota Bandung menunggu kehadiran perwakilan dari Front Pembela Islam (FPI). Kedatangan mereka ditunggu untuk mengklarifikasi plesetan kata ‘sampurasun’ yang merupakan salam masyarakat Sunda menjadi ‘campur racun’ oleh pimpinan pusat FPI Habib Rizieq Syihab. Namun ternyata perwakilan FPI batal hadir.

“Boleh siapa pun memberikan dakwah tapi menyejukkan warga dan masyarakat Jawa Barat, bukan memberikan provokasi yang negatif, bukan ada kata-kata pelecehan yang menyinggung masyarakat Jawa Barat,” tutur Ketua Ormas AMS Noeri Ispandji Firman. Di tempat terpisah, Ketua FPI DPD Jawa Barat, Kyai Abdul Qohar membantah jika Ketua FPI Habib Rizieq sudah melecehkan budaya sunda sampurasun menjadi campur racun.

“Yang merupakan akumulasi daripada kekecewaan, kekhawatiran, keresahan ulama-ulama Islam dan masyarakat muslim dan muslimat di Purwakarta atas tindakan Bupati Purwakarta Pak Dedi Mulyadi yang banyak mengkampanyekan budaya dan adat istiadat Sunda dengan melabrak syariat dan agama,” ujar Ketua DPD FPI Jawa Barat Kyai Abdul Qohar.

Sedangkan Aliansi Masyarakat Sunda Menggugat yang terdiri dari sejumlah ormas dan budayawan Sunda di Bandung, Jawa Barat pada Selasa (24/11/2015) sudah melaporkan Habib Rizieq ke kepolisian daerah Jawa Barat.  Pimpinan pusat FPI ini dituntut minta maaf pada masyarakat Sunda karena dinilai sudah melakukan pelecehan dengan melontarkan plesetan tersebut.

\[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok