Buku Bacaan Ini Juga Bisa Digunakan Sebagai Tiket Kereta

buku-bacaan-ini-juga-bisa-digunakan-sebagai-tiket-kereta

HarianDepok.com – Berita Unik – Brasil merupakan salah satu negara dengan penduduk yang cukup banyak dan wilayah yang luas. Tetapi seperti pada negara berkembang lainnya, tingkat baca pada masyarakatnya cukup rendah. Berdasar data yang ada, rata-rata orang Brasil hanya membaca dua buku dalam satu tahun. Untuk mengatasi masalah itu, sebuah penerbit buku membuat terobosan menggabungkan buku bacaan dengan tiket kereta bawah tanah.

Dilansir dari Mental Floss, untuk meningkatkan tingkat baca pada masyarakat di Brasil sebuah penerbit buku bernama L&PM Editores bekerja sama dengan sebuah agensi iklan bernama Agencia Africa membuat sebuah buku sekaligus tiket bernama Ticket Books. Buku ini dapat menjadi bacaan di kala senggang namun juga sekaligus merangkap sebagai tiket untuk kereta api bawah tanah.

Setiap buku tiket ini dilengkapi dengan chip yang dipasang pada bagian dalam cover buku. Jadi ketika seseorang akan masuk ke kereta bawah tanah, mereka cukup mendekatkan atau menyentuhkan cover buku ini pada sensor tiket yang ada. Dengan cara ini maka diharap dapat lebih memudahkan orang untuk membawa tiket kereta karena sudah terpasang langsung di bagian dalam buku. Selanjutnya ketika sudah di dalam kereta, buku ini dapat menjadi bacaan yang menyenangkan untuk menghabiskan perjalanan.

Program buku ini dimulai sejak perayaan Hari Buku Sedunia di bulan April lalu. Pada saat itu penerbit telah membagikan 10 ribu buku ini di Sao Paulo. Tiap buku berisi tiket untuk 10 perjalanan kereta api bawah tanah. Tiket perjalanan ini juga dapat diisi ulang kembali atau dibiarkan menjadi sebuah buku bacaan saja.

Saat ini telah terdapat 10 buku klasik yang dicetak dalam bentuk buku tiket ini. Buku-buku terkenal seperti The Great Gatsby dari F. Scott Fitzgerald dan Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle merupakan beberapa di antaranya. Cara ini telah terbukti cukup sukses di Brasil, dan dapat menjadi contoh yang baik bagi beberapa negara lain untuk memanfaatkan hal yang serupa.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer