Sukseskan Pilkada Depok, Camat Sukmajaya Ajak Para Orangtua Berikan Edukasi Politik Kepada Anak

Sukseskan Pilkada Depok, Camat Sukmajaya Ajak Para Orangtua Berikan Edukasi Politik Kepada Anak

HarianDepok.com – Berita , Guna mensukseskan acara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Depok yang akan digelar pada awal Desember 2015 mendatang dan serentak akan dilakukan oleh sejumlah kota yang lainnya, Camat Sukmajaya, Depok, Dadang Wihana menghimbau kepada seluruh warganya kota Depok untuk menyerahkan pilihan kepada anak anak mereka yang sudah berhak dan memiliki suara.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya pemilih pemula yang sudah terdaftar ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mudah terprovokasi oleh segelintir oknum demi mencapai tujuannya. Maka daripada itu, Dadang menegaskan kepada seluruh orangtua untuk menyerahkan pilihan kepada anak anak mereka dan memberikan pelajaran mengenai Pilkada sehingga Pilkada di tahun ini dapat berjalan dengan mulus dan sukses.

“Saya sendiri telah memiliki dua orang anak yang telah menjadi pemilih pemula di acara Pilkada tahun 2015 ini. Sikap saya terhadap mereka dalam pilkada di tahun ini dan kedepannya memberikan kebebasan kepada mereka untuk memilih pemimpin mereka nantinya, tapi saya tetap memberikan edukasi mengenai Pilkada dan calon yang ada,” ungkapnya pada saat menghadiri acara Rock The Vote Indonesia di Kampus UI belum lama ini.

Menurutnya, para orangtua saat ini eloknya menyerahkan sepenuhnya pilihan kepada anak anaknya karena hal tersebut adalah hak yang paling asasi dan hak yang paling dasar dalam memilih pemimpin. Meski demikian, Dadang juga mengharapkan kepada para orangtua untuk tetap memberikan edukasi Pilkada terhadap anak anaknya.

“Para orangtua wajib menyerahkan sepenuhnya pilihan kepada anak anak mereka. Hal ini dilandasi oleh adanya hak yang paling asasi dan yang paling dasar dalam menentukan sikapnya dan pilihannya kepada para calon pemimpinnya kelak. Namun para orangtua juga harus terus memberikan edukasi mengenai Pilkada kepada anak anaknya yang telah menjadi pemilih pemula,” katanya.

Sementara itu, Direktur Center for Election and Politic Party (CEPP) FISIP UI, Reni Suwarso mengatakan hal yang sama. Bahwa peran para orangtua saat ini sangatlah dibutuhkan untuk dapat memberikan asupan pengetahuan kepada anak anaknya yang masih berstatus pemilih pemula agar dapat mengetahui jelas makna dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Ia pun mengungkapkan bahwa, peran para orangtua dalam pendidikan politik amatlah penting guna membangun kota agar dapat lebih maju dan berkembang. Maka daripada itu, dirinya mengharapkan agar para orangtua dapat memberikan kesempatan kepada anak anaknya untuk dapat memilih apa yang dianggapnya benar tanpa mengesampingkan perhatian kepada mereka dalam tindak tanduknya agar selalu berada di jalan yang benar.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)