Pemkot Depok Siap Jalankan Perda Tentang Kawasan Tanpa Rokok

Pemkot Depok Siap Jalankan Perda Tentang Kawasan Tanpa Rokok.

HarianDepok.com – Berita , Selasa (22/7) lalu, Dinas Kesehatan Kota Depok mengadakan sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 03 Tahun 2014 tentang Kawasan Dilarang Merokok. Acara ini dilaksanakan di Aula L 1 Balaikota Depok. Hal ini didasarkan pada isi Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 pada Pasal 115 ayat  2, yang menyatakan bahwa pemerintah daerah harus menetapkan kawasan dilarang merokok di wilayahnya.

Acara sosialisasi ini juga turut dihadiri oelh Forum Kota Depok Sehat, Forum Kecamatan Kota Sehat, dan beberapa perwakilan dari tiap-tiap Puskesmas yang ada di seluruh Kota Depok.

Tujuan diadakannya pengaturan kawasan tanpa rokok ini untuk menciptakan ruang dan lingkungan yang bersih dan sehat, melindungi kesehatan individu, keluarga, masyarakat dan lingkungan dari bahaya asap tembakau, melindungi penduduk usia produktif, anak-anak, remaja, dan wanita hamil, serta meningkatkan tingkat kesadaran dan kewaspadaan tentang bahaya merokok dan manfaat hidup tanpa merokok.

Ani Rubani yang menjabat sebagai Sekertaris Dinas Kesehatan Kota Depok  juga menyampaikan bahwa pihaknya sering sekali melakukan sosialisasi terkait dampak dari bahaya merokok.

“Harus sudah ditetapkan beberapa daerah bebas asap rokok, dan dipasang di pengumuman lokasi dan tanda dari larangan merokok,” kata Ani.

Ia juga menambahkan bahwa wilayah yang dinyatakan sebagai daerah bebas rokok termasuk tempat-tempat umum, tempat kerja, tempat ibadah, Playgroup / tempat berkumpul bagi anak-anak, angkutan umum, lingkungan di mana proses belajar mengajar, serta fasilitas kesehatan.

Dengan aturan ini, masyarakat diharapkan dapat memiliki kesempatan untuk mengambil tanggung jawab dan berkontribusi pada realisasi terwujudnya kawasan bebas asap rokok. Selain itu, mampu berperan aktif dalam mengorganisir perokok di tiap tinggalnya masing-masing.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)