Jumlah Imigran Gelap di Kota Depok Tahun Ini Semakin Meningkat

Jumlah Imigran Gelap di Kota Depok Tahun Ini Semakin Meningkat

HarianDepok.com – Berita , Dikarenakan letak wilayah kota Depok yang strategis dan berdekatan langsung dengan wilayah Ibukota DKI Jakarta menjadikan wilayah kota Depok menjadi incaran imigran gelap dari berbagai negara untuk dapat tinggal dengan bebas dan melakukan kegiatannya yang kerap menyalahi izin dari dokumen aslinya.

Namun, Pemerintah kota (Pemkot) Depok tidak berdiam diri begitu saja dan langsung melakukan melakukan pembenahan imigran gelap melalui Kantor Imigrasi Kota Depok yang sampai saat ini tercatat ada sekitar 248 imigran asing ilegal dari berbagai negara yang tinggal di wilayah kota Depok yang diduga kebanyakan terlibat dalam kejahatan.

Kepala Badan Imigrasi Kota Depok, Dudi Iskandar dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan, pihaknya sampai dengan saat ini mengakui akan adanya peningkatan jumlah imigran asing ilegal yang lebih banyak ketimbang di tahun tahun sebelumnya. Kebanyakan dari mereka yang tertangkap tangan pada saat razia, sedang melakukan aksi kriminalitas.

“Ada beberapa yang telah kami tangkap karena terbukti melakukan tindakan kriminal dan mengedarkan narkoba di wilayah kota Depok. Selain daripada itu, pihak kami juga kerap menangkap sejumlah imigran asing ilegal yang tertangkap tangan sedang melakukan penyebaran agama palsu. Mereka langsung kami amankan dan kami proses di kantor sesuai dengan ketentuan dan undang undang yang berlaku,” katanya pada beberapa hari yang lalu.

Ia pun mengungkapkan, pada beberapa waktu lalu pun pihaknya sempat mengidentifikasi akan adanya imigran asing asal negara Iran dan Nigeria yang teridentifikasi sebagai pengedar narkoba yang tinggal di sebuah apartemen di bilangan kota Depok yang langsung ditindak tegas dengan membawanya dan memproses secara hukum yang berlaku di Indonesia.

Ia pun mengaku telah mendeportasi sebanyak 30 imigran gelap asal berbagai negara yang dikarenakan sudah menyalahi izin tinggal dan tidak dapat menunjukkan dokumennya kepada petugas. Sementara yang lainnya ada juga yang ditahan di pusat penahanan imigran ilegal di Jakarta karena masalah yang lebih krusial.

Demi mewujudkan kota Depok yang bersih dari Imigran gelap, Dudi mengharapkan akan adanya kerjasama dari masyarakat dan perangkat daerah terkait guna bersama sama mengawasi akan gerak gerik dan tindak tanduk para imigran asing yang ada di lingkungan tempat tinggal sehingga apabila ada sesuatu permasalahan yang melibatkannya dapat dengan cepat dan mudah untuk segera ditangani oleh pihaknya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)