Sofjan Wanandi: “Lakukan Demo Buruh di Jam Kerja, Ya Kita Potong Gajinya!”

Sofjan Wanandi: "Lakukan Demo Buruh di Jam Kerja, Ya Kita Potong Gajinya!"

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Serikat buruh yang tergabung dalam Komite Aksi Upah (KAU) akan melakukan aksi mogok nasional selama empat hari, mulai tanggal 24 hingga 27 November 2015. Tidak tanggung-tanggung, dalam aksi menolak Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, sebanyak lima juta buruh akan ikut serta dalam aksi mogok nasional.

Menurut Sofjan Wanandi, Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengatakan, demo buruh adalah hak demokrasi para pekerja. Tetapi, ia mengimbau supaya demo buruh dilaksanakan di luar jam kerja.

“?Mogok nasional itu menurut kita terserah saja, itu kan hak demokrasi mereka. Semua perusahaan kita tetap bekerja dan tidak ikut mogok. Itu hak dia mogok,” ujar Sofjan, ketika menghadiri DBS Asian Insights Conference 2015, di The Ritz Carlton Pacific Place, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan, Selasa (24/11/2015).

Ia mengklaim jika demo buruh yang terjadi kali ini bukan berasal dari perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Apindo. Pasalnya, menurut pria yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Tim Ahli Ekonomi Wakil Presiden ini sudah mengirimkan surat resmi kepada seluruh perusahaan anggota Apindo agar para pekerjanya tidak mengikuti mogok nasional.

“Mogok dan demo masih diperbolehkan selama tidak mengganggu jam kerja para buruh tersebut. Kalau mau ikut mogok bukan jam kerja, it’s oke. Tapi kalau dilakukan di jam kerja, kita tidak akan mentolerir lagi. Kalau you mau mogok, ya kita potong gajinya,” jelas Sofjan.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok