Depok Diguyur Hujan, Pesona Depok Longsor

Depok Diguyur Hujan, Pesona Depok Longsor

HarianDepok.com – Berita , Adanya hujan deras yang mengguyur wilayah kota Depok selama sepekan ini menyebabkan sejumlah wilayah yang ada di kota Depok mengalami longsor. Diketahui ada empat titik lokasi longsor yang diantaranya terjadi di Perumahan Pesona Depok sebanyak tiga titik dan di Kelurahan Abadi Jaya, Sukmajaya, Depok sebanyak satu titik longsor.

Musibah longsor yang terjadi di empat titik di dua lokasi tersebut diperkirakan terjadi akibat ambrolnya turap di daerah aliran sungai Ciliwung yang diakibatkan oleh derasnya aus air yang melintasi turap tersebut sehingga menyebabkan turap tergerus dan mengikis tanah di pinggirannya sehingga menyebabkan musibah longsor.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok, Manto mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan tim khusus penanggulangan bencana banjir dan longsor di setiap kecamatan dimana tim khusus tersebut juga telah dilengkapi dengan sejumlah sarana pendukung seperti perahu karet dan alat alat lainnya.

“Kami telah mempersiapkan tim khusus untuk menanggulangi bencana banjir dan longsor di wilayah kota Depok di setiap Kecamatannya. Untuk longsor yang terjadi di daerah Pesona Depok Di Blok AT, L dan N memang disebabkan oleh musim penghujan yang saat ini sudah memasuki wilayah kota Depok. Maka daripada itu, kami sudah mempersiapkan dalam menanggulanginya dengan menempatkan sejumlah petugas di setiap Kecamatan,” tuturnya di Depok, Minggu (22/11/2015).

Ia pun menambahkan, terjadinya longsor di sejumlah lokasi tersebut disebabkan oleh adanya pelanggaran Garis Sepadan Sungai (GSS) yang telah dilakukan oleh sejumlah oknum dengan membangun rumah disepanjang jalur larangan tersebut. Maka daripada itu sampai saat ini bencana longsor kerap terjadi karena adanya pelanggaran tersebut.

“Timbulnya bencana longsor yang terjadi saat ini disebabkan oleh adanya rumah yang berdiri diatas GSS yang seharusnya berjarak 30 meter dari aturan yang telah ditetapkan. Namun pada kenyataannya banyak rumah yang berdiri dan menempati garis larangan tersebut sehingga menyebabkan turap ambrol dan tidak mampu menompang,” jelasnya.

Guna mengatasi dan memperbaiki wilayah Pesona Depok saat ini, pihaknya mengaku telah melakukan koordinasi dengan pihak Balai Besar Sungai Ciliwung-Cisadane. Guna mencegah timbulnya bencana yang lebih besar lagi, pihaknya telah melakukan tindakan preventif dengan memasang beronjong dan kerucut dengan maksud memperkuat ketahanan turap sementara waktu sampai dengan diperbaikinya secara permanen nanti.

“Bencana longsor yang terjadi di Pesona Depok adalah wewenang Balai Besar Ciliwung-Cisadane. Namun untuk mengantisipasi akan timbulnya bencana yang lebih besar lagi, pihak kami telah melakukan perbaikan sementara waktu. Bencana longsor yang terjadi disana telah menggerus sejumlah jalan dan pos jaga. Sedangkan di Abadi Jaya RT 09/04 akan diperbaiki dengan dana tak terduga dan hal tersebut secepatnya akan kami laporkan ke pimpinan guna mendapatkan tindakan,” tegasnya.

Manto pun tak bosan bosan menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Depok untuk terus melakukan pengawasan dan pemeliharaan saluran air dari sampah sampah yang dapat menyumbat saluran sehingga dapat menyebabkan terjadinya banjir yang sangat merugikan. Selain daripada itu pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk terus mengawasi dan segera melapor kepada petugas terkait apabila terjadi bencana longsor dan banjir sehingga dapat diberikan penanganan dengan cepat.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)