Unik, Buah Polong Ini Miliki Rasa Selezat Es Krim Vanila

unik-buah-polong-ini-miliki-rasa-selezat-es-krim-vanilla

HarianDepok.com – Berita Unik – Buah dari jenis tanaman polong-polongan ini memiliki nama latin Inga feuilleei. Namun ia lebih dikenal dengan nama pacay atau ice cream bean. Dinamai demikian karena daging buahnya terasa seperti es krim vanili.

Di balik kulitnya yang seperti polong akasia tersembunyi daging buah serupa kapas, membungkus setiap biji pacay yang berwarna hitam. Daging buah inilah yang biasa disantap. Rasanya manis dan sedikit berair.

Pacay merupakan tanaman yang banyak ditemui di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Daging buahnya menjadi snack favorit bagi warga Puerto Rico, Kolombia, Ekuador, dan Meksiko sejak dahulu kala.

Dilaporkan Community Table, penduduk Amazon pun biasa mengumpulkan dan menyantapnya. Tak perlu dimasak, pacay bisa langsung dimakan asalkan sudah matang.

Pohon pacay sendiri merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan akasia, petai, dan lamtoro. Biasanya ditanam di pinggir jalan sebagai peneduh. Pohonnya bisa tumbuh hingga mencapai 60 kaki. Sementara panjang polongnya bisa mencapai 1 meter.

Hingga saat ini, pacay masih sulit ditemukan di luar negara-negara Amerika Latin. Namun pohonnya digadang-gadang bakal menjadi primadona botani di masa depan. Pasalnya tumbuhan ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Baik pohon dan buahnya sama-sama bisa dimanfaatkan.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer