DKP Depok Masih Kekurangan Tenaga Pekerja dan Armada Pengangkut Sampah

DKP Depok Masih Kekurangan Tenaga Pekerja dan Armada Pengangkut Sampah

HarianDepok.com – Berita , Berbagai macam hal yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menjadikan kotanya yang bersih dan nyaman serta layak huni saat ini terlihat masih terus dilakukannya terus menerus. Sampai saat ini pun, pihak Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) kota Depok juga telah mengambil langkah antisipasi menjelang musim penghujan di tahun ini dengan melakukan perbaikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung yang ada di Depok.

Perbaikan ini dimaksudkannya untuk menghindari akan adanya bau sampah yang kerap kali timbul lebih menyengat pada saat musim penghujan. Selain daripada itu, perbaikan ini direncanakannya juga untuk mencegah mengalirnya sisa air sampah ke tempat yang lainnya sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar dan yang lainnya.

Kepala Bidang Pelayanan dan Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) kota Depok, Kusumo mengatakan, rencana perbaikan TPS saat ini ditujukan agar tidak ada lagi terjadinya pencemaran lingkungan sekitar pada saat musim penghujan serta mencegah timbulnya bau sampah yang menyengat akibat pembusukan sampah sehingga dapat menyebabkan timbulnya penyakit pernapasan bagi yang menghirupnya.

Sampai saah ini kota Depok dalam waktu satu hari saja ada sekitar 80 armada pengangkut sampah yang dioperasikan untuk membuang sampah rumah tangga ke TPA yang berlokasi di Cipayung. Dari hasil pengawasan dilapangan, sebagian besar TPS yang ada telah mengalami kerusakan yang cukup mengkhawatirkan. Maka daripada itu, dalam waktu dekat ini kami berencana akan merenovasinya dengan ditambahkan baja ringan pada setiap dindingnya,” jelasnya, Jum’at (20/11/2015).

Dari data yang diberikannya sejumlah TPS di kota Depok akan diperbaiki kembali dengan menggunakan baja ringan sebagai materialnya. Dengan ditambahkannya material tersebut diharapkannya dapat menghindari TPS dari berbagai dampak yang diakibatkan oleh hujan.

“TPS yang sudah ada di Jalan Juanda sudah tertutup rapat, akan tetapi sudah harus diperbaiki lagi. Sampai saat ini masih ada satu lagi TPS yang kondisinya sudah tertutup dengan baik yaitu TPS yang ada di Cimanuk. Kedepannya, semua TPS yang ada di seluruh wilayah kota Depok akan kami bangun seperti itu agar bau dan cairannya tidak mencemari lingkungan sekitar. Untuk rencananya sudah kami persiapkan, hanya tinggal penerapannya saja dilapangannya,” paparnya.

Di lain hal, Kusumo masih mengeluhkan akan minimnya jumlah armada pengangkut sampah dan tenaga pekerjanya saat ini yang tidak berimbang dengan jumlah sampah yang dihasilkan oleh kota Depok setiap harinya. Maka daripada itu, dirinya sangat mengharapkan akan adanya penambahan tenaga pekerja dan armada pengangkut sampah sehingga seluruh sampah di wilayah kota Depok dapat tertangani dengan baik.

“Jumlah sampah yang dihasilkan oleh kota Depok setiap harinya diperkirakan sebanyak 1.200 ton dan saat ini setiap truk sampah memuat maksimal 10 ton sampah yang langsung didistribusikan ke TPA Cipayung yang saat ini hanya berjumlah 80 unit saja. Untuk idealnya jumlah armada pengangkut sampah sekitar 120 unit. Selain daripada itu kami juga kekurangan tenaga pekerja untuk menyapu jalanan. Maka daripada itu kami merencanakan tahun depan akan menambah jumlah personil,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)