Pengiriman Surat Suara Pilkada Depok Ditunda

Pengiriman Surat Suara Pilkada Depok Ditunda

foto: tribunnews.com

HarianDepok.com – Berita , Proses lelang surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok yang pada beberapa waktu lalu telah digelar dan dimenangkan oleh PT Pura Barutama dengan nilai pengajuan paling rendah dari yang lainnya ini mengalami keterlambatan pencetakan. Hal ini dikarenakan oleh adanya penjadwalan ulang proses produksinya.

Awalnya, surat suara untuk Pilkada di kota Depok dijadwalkan akan tiba pasa 16 November 2015 kemarin, namun karena ada bebberapa permasalahan akhirnya pengiriman surat suara diundur dan direncanakan akan tiba pada 24 November 2015 mendatang. Hal ini menjadikan permasalahan baru di tubuh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Depok yang harus segera mendistribusikan surat suara tersebut ke seluruh daerah Depok hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Depok, Suwarna Wiryasumarta mengatakan, pemenang lelang surat suara di kota Depok yaitu PT Pura Barutama ternyata tidak hanya melayani pencetakan surat suara untuk kota Depok saja melainkan mereka juga melayani pencetakan surat suara untuk kota yang lainnya. Karena pekerjaan yang banyak perusahaan langsung mengajukan penjadwalan ulang pencetakan surat suara untuk kota Depok.

Menurut informasi yang dihimpun bahwa PT Pura Barutama adalah salah satu perusahaan percetakan asal kota Kudus, Jawa Tengah yang memenangkan tiga tender sekaligus untuk pengadaan surat suara Pilkada di wilayah Jawa Barat yang diantaranya adalah Sukabumi, Pangandaran dan kota Depok sendiri. Untuk Sukabumi dan Pangandaran pun pencetakkannya sudah selesai dikerjakan, namun hanya kota Depok saja yang belum.

Menurut penjelasannya, pergeseran jadwal pengiriman surat suara untuk kota Depok yang saat ini terjadi dipastikan tidak akan mengganggu proses persiapan Pilkada di kota Depok yang harus akan digelar pada 09 Desember 2015 mendatang. “Wajar saja ada penjadwalan ulang, karena pesanan mereka juga banyak. Selain itu juga mereka dituntut untuk mencetak surat suara agar dikerjakan tidak dengan asal asalan. Untuk waktu persiapan yang tersisa masih cukup,” ungkapnya, Kamis (19/11/2015).

Ia pun menambahkan, perwakilan KPUD Depok dan Panwaslu sampai saat ini sudah berada di Kudus guna melihat langsung proses pencetakan surat suara yang saat ini sedang dikerjakan oleh PT Pura Barutama. Selain daripada itu, pihaknya pun telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk pengamanan di pendistribusian surat suara nantinya.

Suwarna menambahkan, setelah tibanya surat suara di kota Depok yang rencananya akan sampai pada 24 November 2015 mendatang untuk persiapannya hanya akan memakan waktu dua hari saja yang akan digunakan untuk proses pelipatan surat suara. Jadi keterlambatan tersebut sangatlah dipastikan tidak akan mengganggu tahapan Pilkada yang ada di kota Depok.

“Kami intinya akan menargetkan lima hari sebelum Pilkada surat suara sudah sampai di PPK dan tiga hari sebelum Pilkada sudah tiba juga di PPS,” katanya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: