Ini Alasan Mengapa Pepaya Disebut Buah Para Bidadari

Ini Alasan Mengapa Pepaya Disebut Buah Para Bidadari

HarianDepok.com – Kesehatan , Buah papaya mempunya julukan fruit of the angels (buah para bidadari) karena khasiatnya yang mampu membuat kulit bersinar, menstruasi lancar, sampai mencegah penuaan. Pepaya merupakan buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan sekarang sudah menyebar luas dan banyak ditanam di semua daerah tropis. Selain lezat, buah ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Berikut adalah beberapa manfaat pepaya untuk kesehatan wanita, seperti yang dikutip laman Sofeminine, Jumat (20/11/2015).

  1. Membuat kulit bersinar

Pepaya memiliki enzim khusus yang disebut papain dan enzim ini mengunci kelembaban kulit, mengecilkan pori-pori dan menghambat keriput.

  1. Melindungi jantung

Menurut British Heart Foundation, penyakit jantung koroner merupakan pembunuh nomor satu di Inggris. Dengan meningkatkan asupan makanan seperti pepaya, Anda bisa meningkatkan aliran darah ke jantung Anda, sehingga mengurangi kemungkinan Anda terkena serangan jantung dan stroke.

  1. Menghambat penuaan

Asam alpha-hydroxy alami (AHA) dari pepaya akan membuat kulit Anda nampak lebih cerah, kencang dan halus, tanpa harus memusingkan harga buah ini.

  1. Melancarkan menstruasi

Pepaya membantu siklus menstruasi, terutama menjelang menopause. Banyak mengonsumsi buah ini juga membantu meringankan kram perut ketika datang bulan yang mengganggu aktivitas.

  1. Makanan baik untuk penderita diabetes

Buah lezat ini bisa dikonsumsi tanpa harus khawatir soal kandungan gula yang ada di dalamnya karena pepaya memiliki gula alami yang tinggi yang membuatnya bersahabat penderita diabetes. Terlebih lagi, pepaya juga merupakan sumber antioksidan.

  1. Melawan kanker

Makanan yang kaya gizi ini dikenal membantu melindungi pertahanan alami tubuh. Seperti buah lainnya, pepaya kaya akan antioksidan.

  1. Baik untuk kesehatan mata

Pepaya sama seperti wortel yang kaya akan beta-karoten, lutein karotenoid dan zeaxanthin untuk membantu melawan degenerasi makula (AMD) terkait usia dan katarak. Cobalah untuk mengonsumsi setidaknya tiga jenis atau lebih buah-buahan segar per hari karena penelitian sudah membuktikan bahwa kebiasaan tersebut bisa sangat mengurangi risiko AMD.

Karotenoid yang disebut beta-cryptoxanthin dalam pepaya juga telah membuktikan bisa melindungi kita dari kanker paru-paru.

Ekstrak pepaya dengan teh hijau banyak beredar sebagai obat kanker alami. Bukti menunjukkan bahwa keduanya mampu memperlambat pertumbuhan tumor dan membunuh sel-sel kanker.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: