Tak Perlu Bibit 5 Buah Dan Sayur Ini Bisa Jadi Tanaman Rumahan

tak-perlu-bibit-5-buah-dan-sayur-ini-bisa-jadi-tanaman-rumahan

HarianDepok.com – Berita Unik – Tak perlu membeli bibit, buah dan sayur yang dibeli dari supermarket ini bisa disulap jadi tanaman rumahan. Tinggal menanam biji, batang, atau buahnya dan kamu akan mendapatkan tanaman hias atau buah dalam pot.

1. Bit

Umbi bit biasanya dijual dengan batang yang masih melekat. Kamu cukup menanam satu buahnya yang belum busuk pada tanah yang gembur. Pastikan buah bit terbenam sepenuhnya di dalam tanah. Dalam waktu seminggu batang bit akan mulai mengeluarkan daun.

Bit cocok ditanam di dataran tinggi yang berudara sejuk. Walaupun begitu perawatan tanamannya cukup mudah.
2. Kurma

Siapa bilang menanam biji kurma sulit? Tanaman ini memang butuh waktu lama untuk tumbuh, tetapi bukan berarti sulit.

Kalau kamu punya sisa biji kurma, cukup tempatkan di atas tisu atau kapas basah yang ditempatkan di dalam gelas. Media tanam agar-agar juga bisa digunakan. Tunggu sampai biji kurma mengeluarkan tunas, baru pindahkan ke pot atau tanah.

Kurma membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh. Kamu harus bersabar sampai bakal daunnya muncul.

3. Melon

Selain kurma, melon juga bisa ditanam dari bijinya. Rendam benih dalam air selama 3 jam. Ini akan membantu biji memunculkan kecambah. Masukkan biji dalam pot yang diisi pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1:4. Setelah itu tutup benih dengan tanah yang sudah dicampur sekam.

Sirami setiap hari sampai biji melon bertunas. Harap diingat, tanaman ini menyukai sinar matahari yang berlimpah dan relatif peka terhadap angin yang kencang.

4. Mint

Mint termasuk tanaman yang sangat mudah tumbuh. Kamu bisa menanam batang dan daun mint yang kamu beli di supermarket. Meskipun tanpa akar, dalam waktu singkat batangnya akan berubah menjadi tanaman hidup. Yang penting kamu harus memastikan tanah di dalam pot selalu basah.

Mint butuh ruang yang luas untuk menyebar. Tempatkan dalam pot yang cukup besar atau tanam di tanah dengan jarak yang cukup lebar dari tanaman lain.

Tanaman mint juga bisa dijadikan pengharum alami. Cukup sentuh daunnya dan aroma segar mint akan terlepas ke udara.

5. Cabai

Menanam cabai dari bijinya sedikit lebih mudah daripada menanam biji melon. Cukup sebar biji di atas tanah. Tutupi bagian atasnya dengan jerami kering agar biji tidak hanyut saat disiram.

Sirami biji cabai dua kali sehari. Setelah biji mengeluarkan tunas atau kecambah, singkirkan jerami.

Itulah beberapa jenis tanaman yang bisa langsung ditanam meskipun tanpa bibit. Selamat mencoba bercocok tanam.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer