Musim Penghujan Tiba, Bimasda Depok Siagakan Tim Penanggulangan Bencana di Tiap Kelurahan

Musim Penghujan Tiba, Bimasda Depok Siagakan Tim Penanggulangan Bencana di Tiap Kelurahan

HarianDepok.com – Berita , Guna mengantisipasi akan adanya bencana yang biasa ditimbulkan akibat curah hujan yang sangat tinggi di wilayah kota Depok, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Dibimasda) Kota Depok menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat kota Depok untuk berlaku waspada dan berhati hati akan datangnya musibah atau bencana alam yang datang pada saat musim penghujan tiba.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Dibimasda) Kota Depok, Manto mengatakan, untuk potensi musibah atau bencana alam yang biasa datang pada saat musim penghujan di wilayah kota Depok amatlah besar dan dapat terjadi sewaktu waktu. Maka daripada itu, pihaknya terus menerus melakukan tindakan preventif untuk mengantisipasi akan timbulnya bencana alam.

“Tak bosan bosannya kami meminta kepada seluruh masyarakat kota Depok untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, mulai dari menjaga saluran pembuangan air dari tumpukan sampah yang dapat menyumbat aliran air, sampai dengan melakukan kerja bakti bersama sama untuk membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal,” tuturnya, Rabu (18/11/2015).

Dari keterangannya, bahwa dirinya mengaku sampai saat ini pihaknya telah berhasil melakukan penataan ulang saluran pembuangan air di 151 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah kota Depok. Selain daripada itu, pihaknya juga mengklaim telah melakukan perawatan dan perbaikan kepada 27 jembatan penyebrangan yang ada di wilayah kota Depok.

“Sampai saat ini, pihak kami telah berhasil menata ulang kembali beberapa saluran air dan telah memperbaiki sejumlah turap yang ada di wilayah kota Depok. Hal ini sengaja kami lakukan untuk mengantisipasi akan timbulnya bencana banjir di musim penghujan. Untuk itu, kami meminta kepada seluruh warga kota Depok mau dan peduli untuk tidak membuang sampahnya ke saluran air atau sungai yang dapat menyumbat aliran air,” jelasnya.

Guna memaksimalkan tindakan pencegahan tersebut, Manto pun mengaku saat ini telah menyiapkan sejumlah anggotanya untuk menanggulangi bencana banjir yang akan disiagakan selama yang dibutuhkan guna membantu masyarakat kota Depok apabila ada yang tertimpa musibah kebanjiran yang kerap terjadi pada saat curah hujan yang tinggi.

“Saat ini ada sepuluh tim yang sudah kami siagakan berikut dengan sarana dan prasarana penunjangnya dalam mengantisipasi musibah banjir di wilayah kota Depok. Tim penanggulangan tersebut, kami tempatkan di setiap Kecamatan agar apabila ada informasi dari masyarakat mengenai musibah banjir, maka akan dapat sesegera mungkin ditindaklanjuti oleh petugas kami,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)