Dana Perbaikan Gedung SDN Pondok Cina 01 Diambil Dari Setiap Murid

Dana Perbaikan Gedung SDN Pondok Cina 01 Diambil Dari Setiap Murid

HarianDepok.com – Berita , Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam memperbaiki fasilitas sekolah di wilayahnya saat ini masih dipertanyakan keseriusannya. Sebab, sekitar 400 siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Pondok Cina akhirnya harus pasrah menerima keadaan sekolahnya yang gagal untuk diperbaiki di tahun 2015 ini.

Lebih parahnya lagi, mereka yang bersekolah di sekolah tersebut harus membayar uang perbaikan sekolah minimal 35 ribu rupiah per kepalanya guna memperbaiki ruangan sekolah yang telah rusak untuk digunakan kembali sebagai tempat belajar mengajarnya. Gedung yang sudah tidak layak pakai lagi itu, akhirnya dengan terpaksa digunakan kembali meski harus menerima resiko ambruknya gedung sekolah.

Dana yang diambil dari siswa siswi sekolah tersebut dibebankannya akibat pihak sekolah tidak memiliki dana untuk perbaikan gedung sekolah. Alhasil para orangtua murid dengan terpaksa harus merogoh kocek pribadinya untuk membantu dana perbaikan gedung sekolah meski harus khawatir apabila sewaktu waktu gedung sekolah rubuh dan menimpa buah hatinya yang sedang belajar.

Hal ini terpaksa dilakukan oleh pihak sekolah, lantaran akan adanya instruksi dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok untuk memindahkan ratusan siswa siswi SDN Pondok Cina 01 dari gedung sekolah yang lainnya pada November 2015 ini yang dikarenakan gedung sekolab tempat mereka belajar sementara waktu sudah tidak mampu lagi untuk menampung.

SN, salah satu orangtua murid SDN Pondok Cina 01, Depok mengatakan, sesuai dengan hasil keputusan para pengurus sekolah bahwa setiap siswa siswi SDN 01 Pondok Cina dimintai dana perbaikan sekolah darurat sebesar 35 ribu rupiah.

“Kami bersama sama dengan orangtua siswa siswi yang lainnya memberikan dana bantuan untuk memperbaiki sekolah semampunya. Dana ini memang dibebankan kepada orangtua siswa karena pihak sekolah tidak memiliki biaya atau dana perbaikan sekolah,” tuturnya, Selasa (17/11/2015).

Menurut informasi yang diberikan oleh SN dari pihak sekolah yaitu pihak Dinas Pendidikan (Disdik) kota Depok telah menginstruksikan agar seluruh siswa siswi SDN Pondok Cina 01 harus kembali melakukan kegiatan belajar mengajarnya ke sekolahnya yang sebelumnya sudah direncanakan untuk direnovasi dalam waktu dekat ini namun gagal dilakukan oleh pihak Disdik. Inilah yang memberatkan pihaknya karena mereka harus lebih memperhatikan lagi anak anaknya dalam bersekolah di gedung tersebut yang dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan yang baru.

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar Negeri Pondok Cina 01, Depok, Mansyur Harianja mengatakan, seluruh siswa siswi murid SDN Pondok Cina 01 memang sepenuhnya sudah kembali melakukan kegiatan belajar dan mengajarnya di gedung sekolahnya yang lama yang batal dalam proyek perbaikannya. Meskipun ruang belajar dan berbagai macam sarana dan fasilitas sekolah sudah rusak parah, namun instruksi dari Disdik kota Depok harus tetap dijalaninya meski dengan berat hati.

“Betul, kami memang sudah melakukan kegiatan belajar dan mengajar kembali seperti semula kembali di gedung sekolah kami yang lama sejak Kamis beberapa hari yang lalu. Ini sesuai dengan instruksi yang kami terima dari pihak Dinas Pendidikan Kota Depok yang menyatakan bahwa seluruh siswa siswi sekolah SDN Pondok Cina 01, Depok harus kembali melakukan aktivitas belajar mengajarnya di gedung sekolahnya yang lama,” jelasnya.

Meskipun ia sangatlah mengkhwatirkan akan keselamatan siswa siswi didiknya dalam menjalankan aktivitas belajarnya di gedung tersebut, namun pihaknya hanya bisa pasrah menerima keputusan yang dikeluarkan oleh pihak Dinas Pendidikan Kota Depok. Untuk mengantisipasi akan timbulnya kejadian yang tidak diinginkan pihaknya langsung mengajak seluruh orangtua murid agar bersama sama membantu memperbaiki sekolah dengan dibebankan dana perbaikan sebesar 35 ribu rupiah.

Di lain pihak, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Wahyu Hidayat mengatakan, rencana perbaikan gedung sekolah SDN Pondok Cina 01 memang telah dipersiapkannya sejak jauh jauh hari sebelumnya dengan persiapan dana dari APBD Depok sebesar 3,1 miliar rupiah di tahun 2015 ini.

Namun, karena terjadinya kegagalan di dalam acara pelelangan proyek perbaikan maka, mau tidak mau proyek perbaikan gedung sekolah belum bisa dilakukannya. “Dana yang dipersiapkan untuk renovasi gedung sekolah SDN Pondok Cina 01 sudah ada, namun karena adanya kegagalan di dalam acara pelelangan, maka terjadi penundaan pengerjaan dan dengan terpaksa harus menunggu hingga tahun depan,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)