Tips Membeli Rumah Untuk Pegawai Bergaji Rp 3 Juta-an per Bulan

Tips Membeli Rumah Untuk Pegawai Bergaji Rp 3 Juta-an per Bulan

HarianDepok.com – Properti , Sulitnya mempunyai rumah menjadi masalah bagi mereka yang berkantong pas-pasan. Karena itu, setiap kali mengajukan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) sering ditolak oleh bank. Menurut Dwi Agus, salah seorang Sales dari Developer Citraland mengungkapkan beberapa tips yang harus Anda persiapkan dan lakukan sebelum mengajukan kredit rumah. Tetapi, gaji Anda hanya sekitar Rp 3 juta per bulan.

Pertama, sebelum mengajukan kredit rumah diusahakan tidak mempunyai cicilan lain. Pasalnya, pihak bank akan mempunyai informasi apakah Anda mempunyai cicilan walau di bank yang berbeda. “Jika dia beli rumah mau KPR, jangan ambil kredit apapun karena itu akan mempengaruhi penilaian bank,” jelasnya dalam Real Estate Indonesia (REI) Expo di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (17/11/2015). Kedua, Anda sebaiknya menabung terlebih dulu untuk pembayaran uang muka atau down payment (DP).

Kemampuan pembayaran DP akan membuat kemungkinan pengajuan kredit rumah Anda disetujui oleh pihak bank. “Terakhir, Jika data gaji usahakan minta pada kantor minimal 3 bulan,” ujarnya. Dwi menerangkan, produk dari pengembang yang dia jual, mempunyai spesifikasi untuk pegawai dengan gaji minimal Rp 3 juta per bulan. Rumah tersebut bertipe 22 dengan luas tanah 72 m seharga Rp 149 juta bila membayar dengan skema KPR.

“Produk kami dengan cicilan maksimal 20 tahun seharga Rp 1,3 juta hingga Rp 1,5 juta per bulan,” ucapnya. Sementara mereka yang ingin mempunyai real estate seharga Rp 500 juta ke atas harus mempunyai gaji minimal Rp 8 juta.  Sedangkan untuk semi real estate dengan harga rumah di atas Rp 300 juta dan estimasi cicilan Rp 2,7 juta untuk 20 tahun, gaji minimal ialah Rp 5 juta.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok