Diduga Namanya Dicatut, Jokowi Serahkan Masalah Freeport ke Menteri ESDM

 

Diduga Namanya Dicatut, Jokowi Serahkan Masalah Freeport ke Menteri ESDM

foto: cnnindonesia.com

HarianDepok.com – Berita -Nasional , Presiden RI Joko Widodo sudah mengetahui terkait pencatutan namanya oleh tokoh politikus berinisial SN. Wakil Presiden Jusuf Kalla, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri ESDM Sudirman Said sudah melaporkannya kepada Jokowi. “Mengenai proses selanjutnya, Presiden dan Wakil Presiden menghormati proses yang dilakukan oleh menteri,” ucap Pramono di Jakarta, Selasa (17/11/2015).

Pramono melanjutkan, pemerintah tidak ingin terlibat serta ikut campur dalam proses di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. “Sebab itu sekarang domainnya adalah kewenangan sepenuhnya di MKD,” jelasnya. Tidak hanya itu, Jokowi juga sudah menyerahkan masalah ini sepenuhnya kepada Menteri ESDM Sudirman Said. “Beliau (Jokowi) sama sekali tidak ingin terlibat dalam polemik yang berkaitan dengan persoalan Freeport,” ujar Pramono.

Ia juga menjelaskan keputusan yang telah diambil oleh Jokowi soal perpanjangan kontrak karya dengan PT Freeport Indonesia tidak akan berubah. “Karena Presiden sudah menggariskan kepada Menteri ESDM apa yang harus dilakukan berhubungan dengan keputusan Freeport ini. Jadi harus dipisahkan antara persoalan Freeportnya sendiri dengan persoalan yang disampaikan Pak Sudirman di MKD,” tutur Pramono.

Ia melanjutkan, sehingga pemerintah akan menyerahkan semua proses pencatutan nama ini di MKD DPR. Sebelumnya, Menteri ESDM Sudirman Said melaporkan seorang politikus ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Ia mendatangi gedung DPR untuk melaporkan dugaan praktik pencatutan nama Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla mengenai perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia.

Ketika bertemu MKD, Sudirman Said menyerahkan transkip rekaman pembicaraan antara politikus berinisial SN yang diduga Ketua DPR Setya Novanto dengan petinggi Freeport MS dan inisial R yang diduga seorang pengusaha. Sudirman mengaku sudah melaporkan Setya Novanto ke MKD atas tuduhan perbuatan tercela.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok