AS Akan Punya Gedung Tertinggi di Dunia

 Gedung Tertinggi di Dunia

HarianDepok.com – Properti , Amerika Serikat akan menambah koleksi rekor gedung pencakar langit. Setelah World Trade Center melewati gedung perkantoran tertinggi di bagian barat negara itu dalam satu tahun terakhir, kini mereka sedang membangun apartemen paling tinggi di dunia.

The Nordstrom Tower akan menjadi gedung tertinggi dan terjangkung yang menjulang sepanjang 541 meter. Pembangunan gedung ini akan rampung pada 2018 nanti. Ketinggian menara ini hanya selisih 0.30 meter dari menara One World Trade Center.

Jika pembangunan gedung selesai, maka Manhattan akan kembali mensupremasinya sebagai pemasok apartemen tertinggi, mengalahkan Chicago dengan Willis Tower yang memliki ukuran jangkung 442 meter.

Menara Nordstrom Tower tidak hanya berisi apartemen dan ruang ritel dengan penyewa departement store di daerah lantai paling bawah. Total luas kesuluruhan bangunan menara yang berada di 225 West 57th Street ini memiliki 111.483 meter persegi.

Menurut Dewan Bangunan Tinggi dan Habitat Urban (CTBUH), Amerika Serikat sekarang sedang membangun sebanyak 22 gedung pencakar langit supertinggi kategori atau ketinggian di atas 300 meter. Hal ini memang sudah sejak awal menjadi focus utama bagi Amerika dalam perencanaan gedung. Pun dapat menghemat lahan tanah dimana harga tanah sangat mahal saat ini.

“Tujuan utama kami memang membangun gedung tinggi guna menghemat lahan tanah. Toh, harga tanah di Amerika saat ini sudah sangat tinggi.” Ujar tulisan yang dibuat oleh CTBUH.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: