Duh, Harga Beras Diperkirakan Terus Naik

Cuaca buruk yang melanda berbagai daerah berdampak juga pada hasil pertanian terutama beras. Dengan kondisi ini, diperkirakan harga beras akan naik dalam waktu dekat.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Rachmat Pambudi mengatakan, petani mulai mengeluhkan cuaca ekstrem yang berimbas pada tanaman padi mereka. Terlebih saat ini belum masuk puncak musim hujan.

“Puncak musim hujan baru masuk dua minggu lagi. Ini juga yang dikeluhkan para petani,” katanya seperti dikutip dari republika, Rabu (23/1).

Cuaca ektrem sempat menggenangi beberapa daerah. Seperti yang terjadi di daerah pinggiran Jakarta dan daerah bekas tebangan hutan. Kondisi itu berimbas pada persawahan di daerah Pantura Karawang dan Cikampek.

Sementara, Mentri ,Pertanian Suswono hingga kini masih menghitung kerugian akibat banjir. Selain itu, bantuan benih juga akan diberikan untuk petani yang lahannya rusak.

“Belum ada laporan detail mengenai jumlah kerugian. Baru Banten yang mengajukan permohonan bantuan,” ujarnya.

DN/rw/rpb

author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)