Perpustakaan Depok Masih Kekurangan Koleksi Buku

Perpustakaan Depok Masih Kekurangan Koleksi Buku

HarianDepok.com – Berita , Gedung perpustakaan kota Depok yang letaknya berada di Jalan Margonda Raya pada beberapa waktu lalu sempat mendapatkan renovasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang beralasan renovasi diperuntukkan untuk menunjang kebutuhan masyarakat kota Depok akan buku buku pengetahuan dan yang lainnya.

Keberadaannya sekarang yang sudah dikatakan sangatlah baik di sisi bangunannya, namun di dalamnya masih saja ditemui banyak kekurangan yang dimana sampai saat ini koleksi buku perpustakaan kota Depok masih belum dapat memenuhi standar yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Dari hasil keputusannya bahwa setiap kota ataupun kabupaten harus memiliki sedikitnya 0,025 persen judul koleksi buku yang dikalikan dengan jumlah penduduknya.

Kepala Kantor Araip dan Perpustakaan kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, total koleksi buku yang dimiliki oleh perpustakaan kota Depok saat ini seharusnya ada sebanyak 50.000 buku. Perhitungan ini didasari oleh adanya perhiungan rasio antara jumlah masyarakat kota Depok yang saat ini sudah memasuki dua juta jiwa.

Akan tetapi, sampai saat ini perpustakaan kota Depok hanya memiliki sebanyak 22.000 koleksi buku saja dengan 19.000 judul. Jumlah tersebut masih kurang dari batasan minimal koleksi buku yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Dengan persentase total kepemilikan buku yang hanya mencapai 38 persennya saja perpustakaan Depok masih kekurangan sebanyak 62 persen dari total kebutuhan atau sama dengan 31.000 koleksi buku.

“Jumlahnya masih jauh dari standarisasi yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Namun sampai saat ini kami terus berupaya untuk menutupi kekurangannya,” tuturnya di Depok, Minggu (15/11/2015).

Siti mengatakan, sampai saat ini pihannya masih terus memantau perkembangan rancangan penganggaran tahun 2016 guna memperhitungkan penambahan koleksi buku di Perpustakaan. Dari keterangannya bahwa sampai saat ini anggaran untuk pengadaan buku  sebagian besar masih didapatkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) kota Depok dan selebihnya didapatkan dari bantuan Pemprov.

Menyinggung masalah bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk mencukupi kebutuhan koleksi buku di perpustakaan kota Depok saat ini akan didapatkan lagi dana bantuan sebesar 1,5 miliar rupiah yang rencanya dana bantuan tersebut akan digunakan membeli buku, penambahan armada perpustakaan keliling dan ditujukan untuk membeli sejumlah alat peraga edukatif untuk anak anak.

“Pihak kami akan terus berupaya agar kebutuhan koleksi buku dan sarana penunjang lainnya dapat tercukupi untuk seluruh masyarakat kota Depok. Dari total penduduk kota Depok yang sampai saat ini sudah mencapai 2 juta jiwa lebih seharusnya perpustakaan kota Depok sudah memiliki 50.000 koleksi buku. Namun sampai saat ini jumlahnya masih jauh dari yang seharusnya. Kami akan terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar di tahun berikutnya kebutuhan buku dapat tercukupi,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)