Salah Kaprah, Ini Bahaya Kompres Anak dengan Air Dingin Atau Alkohol Ketika Demam

Salah Kaprah, Ini Bahaya Kompres Anak dengan Air Dingin Atau Alkohol Ketika Demam

HarianDepok.com – Kesehatan , Saat si Kecil terserang demam, hindari mengompres dengan air dingin ataupun alkohol 70 persen. Dua cara tersebut sangat berisiko bagi si Kecil jika terus diterapkan. Hanya cukup mengompres dengan air hangat, bisa mengembalikan keceriaannya seperti semula. Menurut dr Dita Elvina selaku Koordinator Instalasi Gawat Darurat Brawijaya Children and Women Hospital mengatakan,-

air dingin akan mengecilkan pembuluh darah di kulit si Kecil, yang nantinya tidak akan ada evaporasi. Sementar alkohol 70 persen, ditakutkan akan terjadi inhalasi, di mana si Kecil menghirup alkohol tersebut. Akibatnya anak akan jadi lemas, dan yang paling parah terjadinya hipoglikemia.

“Sedangkan air hangat membuat pembuluh darah anak melebar, sehingga panas dari dalam tubuh akan menguap,” ujar dr Dita dalam diskusi media bersama Hansaplast Indonesia, seperti yang dikutip Minggu (15/11/2015). Caranya, kompres di lipatan ketiak dan selangkangan, dan lap punggungnya menggunakan kain yang sudah dicelupkan ke air hangat.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: