Ini Alasan Negara-Negara Barat Berbeda Sikapi Teror di Paris dan Palestina

Ini Alasan Negara-Negara Barat Berbeda Sikapi Teror di Paris dan Palestina

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Tragedi teror Paris kini jadi perhatian dunia. Negara-negara barat serta dunia internasional bersatu mengutuk aksi biadab yang sudah menghilangkan sekitar 130-an nyawa manusia itu. Menurut Ketua Komisi VIII DPR RI, Saleh Partaonan Daulay menyebut aksi Teror Paris itu tidak bisa dibenarkan, dan DPR RI khususnya Komisi VIII yang membidangi masalah agama, sosial dan pemberdayaan perempuan juga turut berbela sungkawa sekaligus mengecam pelaku insiden tersebut.

Saleh mengatakan dunia internasional dengan mudahnya menjadikan setiap aksi teror di dunia barat sebagai tragedi kemanusiaan, tanpa mengurangi rasa simpati atas peristiwa Teror Paris. Perhatian dunia sepertinya mengenyampingkan fakta teror yang sama juga terjadi di dunia Islam, seperti di Palestina dan Timur Tengah. “Berbeda sikap Teror Paris dengan yang dihadapi di Palestina, minim perhatian dunia internasional bahkan AS dan Eropa pun tidak bersuara,” ujarnya seperti yang dikutip Repubika.co.id, Senin (16/11/2015).

Hal ini tidak terlepas dari solidaritas barat dalam satu isu bersama keamanan negara dan kawasannya. Sementara di negara-negara muslim solidaritas seperti itu tidak ada. Bila negara barat menghadapi aksi teror, semua negara barat bersatu dan merasa tragedi ini sebagai ancaman serius yang tidak dapat dipisahkan dari setiap negara dan kawasan. Usai terjadinya Teror Paris, saat itu juga negara barat merasa ada ancaman serius terhadap negara dan kawasan mereka.

“Lihatlah reaksi dari AS, negara-negara Eropa bahkan Australia sekalipun yang merasa ancaman itu hadir pada mereka,” ucap mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah itu. Sementara di negara berpenduduk muslim, berbagai kasus teror dan kemanusiaan di negara muslim tidak terbentuk solidaritas seperti itu. Bahkan negara-negara OKI pun tidak ada pernyataan sikap solidaritas bersama. Sehingga wajar menurut dia, jika Teror Paris lebih mendapat perhatian dunia internasional dibandingkan tragedi kemanusiaan di negara-negara muslim.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok