Di Waktu Bersamaan, Hujan Lebat, Gunung Meletus dan Gempa Terjadi di Sumbar

Di Waktu Bersamaan, Hujan Lebat, Gunung Meletus dan Gempa Terjadi di Sumbar

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pada Sabtu (14/11/2015) malam hujan lebat mengguyur beberapa daerah di Sumatera Barat. Namun bukan hanya hujan, gempa bumi serta gunung meletus juga terjadi di malam yang sama. Sekitar pukul, 22.30 WIB, Gunung Marapi yang terletak di dua Kabupaten dan satu Kota itu meletus dan menyemburkan abu vulkanik. Tetapi hanya sebagian warga yang menyadari hal itu akibat hujan lebat yang mengguyur daerah tersebut sejak Sabtu sore.

Menurut Petugas Pos Pengamat Gunung Api (PGA) Marapi, Warseno, Minggu (15/11/2015), dari laporan beberapa masyarakat, ada yang merasakan dan ada pula yang tidak. Abu vulkaniknya bercampur dengan air hujan, sehingga cukup sulit mengidentifikasinya bagi masyarakat awam. “Secara visual tidak teramati letusannya, tapi dari rekaman seismik, letusan tersebut masuk dalam kategori sedang,” ujar Warseno. Ia menyayangkan pada masyarakat atau pendaki gunung yang tetap memaksa melakukan pendakian Gunung Marapi.

Pasalnya sejak 3 Agustus 2011 silam gunung tersebut sudah dalam status Waspada. Warseno menuturkan, surat rekomendasi yang dikeluarkan Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bernomor 1385/45/BGL.V/2011 tentang peningkatan status Gunung Marapi belum dicabut. Dalam surat tersebut dijelaskan, status Gunung Marapi meningkat, dari Normal (level I) menjadi Waspada (level II).

Selang satu jam setelah gempa vulkanik, Sumbar kembali diguncang gempa dengan Magnitudo 4.3 Skala Richter. Dalam catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi sekitar pukul 23.20 WIB dengan kedalaman 10 KM dan berpusat di 36 KM Barat Daya kabupaten Pesisir Selatan. Tetapi, gempa ini hanya dirasakan oleh sebagian masyarakat saja.

[ Taufik Hidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok