Wakil Walikota Depok Himbau Warga Untuk Disiplin Jaga Kebersihan Saluran Air

Wakil Walikota Depok Himbau Warga Untuk Disiplin Jaga Kebersihan Saluran Air

HarianDepok.com – Berita , Musim penghujan yang saat ini sudah mulai dirasakan di beberapa kota termasuk kota Depok saat ini, membuat sejumlah kawasan yang ada di kota ber ikon belimbing ini dinyatakan rawan akan banjir. Diketahui ada lima titik yang dianggap sebagai rawan akan banjir. Hal ini diakibatkan oleh masih banyaknya lumpur yang mengendap di sepanjang saluran air.

Adapun lima titik yang ada di kota Depok diketahui rawan akan banjir diantaranya adalah perumahan kopassus, perumahan Taman Duta, perum BSI, perum Sawangan Asri dan Bukit Cengkeh. Lima kawasan tersebut dinyatakan rawan akan banjir sebab berada di sepanjang aliran sungai Angke, Pesanggrahan, Laya dan sungai Kompeni.

Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad menghimbau kepada seluruh warga kota Depok agar jangan sekali kali membuang sampahnya dengan cara sembarangan apalagi di saat musim penghujan. Ini akan berakibat kepada mampetnya saluran saluran air sehingga menyebabkan banjir. Maka daripada itu, ia meminta kepada warga Depok untuk membuang sampahnya di tempat yang sudah disediakan.

“Saya menghimbau kepada warga Depok untuk tidak membuang sampahnya sembarangan. Ini bisa menyebabkan tersumbatnya saluran air yang bisa menyebabkan terjadinya banjir. Selain dapat merugikan diri sendiri, orang lain yang ada di sekitarnya pun juga ikut dirugikan,” tuturnya di Depok, Minggu (15/11/2015).

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Dibimasda) kota Depok, Manto mengatakan, pihaknya telah berupaya dan bekerja semaksimal mungkin dalam melakukan penataan kembali sejumlah saluran air yang berada di 151 titik lokasi di seluruh wilayah kota Depok gun mengantisipasi akan datangnya banjir.

Selain daripada itu, pihaknya juga telah melakukan sejumlah pembangunan dan perbaikan beberapa jembatan penghubung dan memperbaiki turap yang rusak akibat arus air. Ini semua dilakukan oleh pihaknya dikarenakan untuk mencegah timbulnya hal hal yang tidak diinginkan dan merugikan terjadi.

“Upaya kami semuanya ini kami kerjakan dan kami lakukan untuk memperlancar aliran air sehingga dapat menekan terjadinya banjir yang sangatlah merugikan banyak pihak termasuk kami. Maka daripada itu, kami berharap akan adanya kerjasama dari warga untuk memelihara dan menjaga saluran air dan fasilitas umum yang lainnya agar selalu bersih dari sampah,” katanya.

Menurutnya, kepedulian dalam menjaga kebersihan lingkungan dan saluran air bukanlah hanya dibebankan kepada pemerintah saja, namun hal tersebut sudah selayaknya menjadi tanggung jawab lapisan masyarakat kota Depok agar terus menjaga kebersihan lingkungan sehingga dapat tercipta pemukiman yang sehat, bersih, indah dan terbebas dari banjir.

“Tidak hanya pemerintah saja yang bertanggungjawab dalam menjaga kebersihan kota melainkan seluruh lapisan masyarakat pun juga harus menjaganya. Dengan adanya partisipasi dari masyarakat dan pemerintah yang bersama sama menjaga lingkungan, saya optimis kota Depok dapat terbebas dari ancaman banjir yang kerap merugikan banyak pihak,” jelasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)