Ini Kronologi Lengkap Serangan Teror di Paris

Ini Kronologi Lengkap Serangan Teror di Paris

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Pada Jumat (13/11/2015) lalu gelombang serangan terjadi di Paris, Prancis.Orang-orang bersenjata serta pembom bunuh diri datang ke sejumlah gedung konser,  restoran dan sebuah stadion sepak bola di Paris yang secara membabibuta menyerang warga Paris. ISIS di duga berada di balik serangan tersebut yang menewaskan hingga ratusan orang serta puluhan orang luka-luka.

Berikut adalah kronologi insiden tersebut  berdasarkan keterangan jaksa Prancis Francois Molins dalam sebuah jumpa pers pada Sabtu (14/11/2015) waktu Prancis seperti yang dilansir Reuters.

Jumat 13 November 2015

21.20 atau Sabtu 03.20 WIB – Seorang pembom bunuh diri mengaktifkan rompi berisi bahan peledak dekat gerbang Stadion Stade de France di kawasan Saint-Denis di mana Presiden Francois Hollande dan Menteri Luar Negeri Jerman sedang menyaksikan langsung pertandingan persabatan sepak bola internasional. Akibat ledakan bom itu membunuh pembom bunuh dirinya beserta seorang yang lewat di depannya.

21.25 atau Sabtu 03.25 WIB – Di Distrik 10 Paris, di perempatan Jalan Bichat dan Jalan Alibert, orang-orang bersenjata menembaki para pelanggan yang berada di restoran “Petit Cambodge” dan yang duduk di teras bar “Le Carillon”, hingga menewaskan 15 orang dan 10 orang luka parah.

21.30 atau Sabtu 03.30 WIB – Di luar Stadion Stade de France, pembom bunuh diri kedua meledakkan bomnya, menewaskan si pelaku.

21.32 atau Sabtu 03.32 WIB – Orang-orang bersenjata menembaki depan bar “A La Bonne Biere” di persimpangan Jalan Fontaine au Roi dan Jalan Faubourg du Temple di Distrik 11, lima orang tewas dan delapan orang terluka parah.

21.36 atau Sabtu 03.36 WIB – Orang-orang bersenjata menewaskan 19 orang yang sedang duduk di teras restoran “La Belle Equipe” di dekat Jalan de Charonne dan sembilan orang lainnya terluka parah.

Sekitar 21.40 atau Sabtu 03.40 WIB – Seorang pembom bunuh diri meledakkan diri di dalam restoran “Le Comptoir Voltaire” di Jalan  Voltaire, juga di Distrik 11, satu orang korban terluka parah.

21.40 atau Sabtu 03.40 WIB – Sebuah mobil berhenti di depan gedung konser Bataclan. Beberapa orang bersenjata memasuki gedung teater ini selagi konser grup rock Eagles of Death Metal digelar dan menembaki serampangan ke arah penonton hingga menewaskan 89 orang dan melukai banyak korban lainnya. Para penyerang pun mengeluarkan kata-kata yang merujuk ke Suriah dan Irak.

21.53 atau Sabtu 03.53 WIB – Pembom bunuh diri ketiga meledakkan diri dekat Stade de France.

Sabtu 14 November 2015

00.20 atau Sabtu 06.20 WIB – Pasukan keamanan melancarkan serangan ke Gedung Konser Bataclan untuk membebaskan orang-orang di dalam gedung. Tiga orang dari penyerang dibunuh. Seorang dari penyerang itu ditembak mati, sementara dua lainnya meledakkan diri dengan rompi penuh bahan peledak yang dikenakan mereka.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok