Guncangan Gempa Tegal Terasa Sampai Pesisir Utara Jawa Barat

Guncangan Gempa Tegal Terasa Sampai Pesisir Utara Jawa Barat

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Menurut Teguh Rahayu, Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Banjarnegara, menyebutkan, guncangan gempa dengan kekuatan 5,1 skala richter yang terjadi di Tegal pada Kamis (12/11/2015) malam juga dirasakan di sebagian besar wilayah pesisir utara Jawa Tengah dan Jawa Barat. Menurutnya, guncangan gempa juga dirasakan terutama di Pemalang dan Semarang, Jawa Tengah hingga Indramayu, Jawa Barat.

“Guncangan gempa dirasakan di Cirebon, Indramayu, Pemalang, dan Semarang dengan skala intensitas II-III MMI (modified mercalli intensity),” ujar Teguh, Jumat (13/11/2015). Menurut Teguh, gempa yang terjadi sekira pukul 21.01 WIB itu, berpusat di Laut Jawa pada jarak 109 kilometer arah timur laut Kota Tegal dengan kedalaman hiposenter 19 kilometer.

“Gempabumi Laut Jawa ini adalah gempa bumi kerak dangkal akibat terjadinya penyesaran atau patahan lokal di Laut Jawa pada kedalaman dangkal,” beber Teguh menegaskan. Teguh menambahkan, menurut hasil analisis menunjukkan gempa yang terjadi di Tegal mempunyai mekanisme kombinasi pergerakan sesar mendatar dan naik. “Walau demikian, walau gempa mempunyai hiposenter dangkal dan terjadi di laut, namun karena kekuatannya relatif kecil tidak memicu terjadinya tsunami,” ungkap Teguh.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok