Tertekan Harga Komoditas, Rupiah Kembali Melemah Tipis

Tertekan Harga Komoditas, Rupiah Kembali Melemah Tipis

HarianDepok.com – Bisnis , Pada perdagangan Kamis (12/11/2015) minggu ini nilai tukar rupiah bergerak melemah tipis. Pelemahan rupiah tersebut disebabkan oleh masih tertekannya harga komoditas. Seperti yang dikutip dari Bloomberg, Kamis (12/11/2015), Nilai tukar rupiah berada di level 13.574 per dolar AS pada pukul 10.50 WIB. Rupiah melemah jika dibandingkan pembukaan yang ada di 13.558 per dolar AS tapi menguat bila dibandingkan dengan penutupan sebelumnya yang ada di level 13.600 per dolar AS.

Pada perdagangan dari pagi sampai siang hari ini, rupiah berada di kisaran 13.550 per dolar AS sampai 13.598 per dolar AS. Sementara Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa rupiah menguat tipis ke 13.575 per dolar AS dibandingkan dengan perdagangan sehari sebelumnya yang tercatat 13.576 per dolar AS. Menurut Head of Reseach and Analysis Divison PT Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra menerangkan,-

dolar AS pada perdagangan semalam melemah karena pelaku pasar sedang menunggu data initial jobless claims AS yang akan keluar pada malam nanti. Dengan pelemahan dolar AS itu sehingga memberikan dukungan kepada mata uang di Asia terutama rupiah untuk menguat. Usai dibuka menguat, rupiah tidak sanggup mempertahankan penguatan tersebut sehingga kembali melemah pada siang hari. “Pelemahan harga komoditas masih menjadi penekan pelemahan rupiah,” tuturnya.

Pada perdagangan Rabu kemarin, rupiah berhasil mengguat terhadap dolar AS. Hal tersebut terjadi karena memang tidak ada sentimen yang terlalu besar yang mempengaruhi pergerakan nilai tukar rupiah. Pelaku pasar masih berharap bahwa Bank Indonesia (BI) akan pemangkasan BI rate dalam waktu dekat karena melihat bahwa angka inflasi sudah dapat dikendalikan. Langkah BI ini akan memberikan sentimen yang cukup besar  kepada rupiah.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: