Prediksi BMKG: Januari-Februari Jakarta Waspada Banjir

Prediksi BMKG: Januari-Februari Jakarta Waspada Banjir

ilustrasi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Menurut prediksi Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya, Jakarta dan sekitarnya akan mengalami puncak musim hujan sepanjang Januari-Februari 2016 sehingga masyarakat dihimbau harus mempersiapkan diri, terutama dari ancaman bencana banjir. “Jakarta pada Januari Februari akan menemui puncak hujan. Oleh karena itu, harus waspada,” ucap Andi di Jakarta, Rabu (11/11/2015).

Andi menyebut hujan sekarang sudah mulai turun di beberapa wilayah Jakarta. Tetapi intensitasnya masih rendah mengingat sepanjang November ini adalah masa transisi pergantian musim atau periode pancaroba. Pada akhir November, diperkirakan intensitas hujan akan semakin naik hingga menemui puncaknya pada pergantian tahun 2015 menuju 2016.

“Sekarang angin masih berpendar, hujan belum teratur. Kita sedang dalam masa pancaroba atau transisi pergantian musim,” ujarnya. Menurutnya, daya serap permukaan tanah di Jakarta terhadap air hujan terbilang rendah. Sebab itu, jika hujan deras melanda cenderung akan menutupi permukaan daratan Jakarta hingga menyebabkan banjir.

Ia melanjutkan, intensitas curah hujan akan terus meningkat tidak hanya di Jakarta saja melainkan di banyak wilayah di Indonesia yang akan dimulai pada akhir November ini. Dengan naiknya curah hujan maka ancaman banjir semakin tinggi. Andi menambahkan, beberapa wilayah di Indonesia juga terancam banjir seiring peningkatan curah hujan seperti di Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, sebagian pulau Jawa dan Sulawesi Selatan bagian timur.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok