Yuk Kenalan Dengan Si Hitam Manis Dari Afrika Yang Kalahkan Barbie

yuk-kenalan-dengan-si-hitam-manis-dari-afrika-yang-kalahkan-barbie

HarianDepok.com – Berita Unik – Nama boneka ini adalah Queen of Africa alias ‘ratu Afrika’. Ia adalah saingan boneka Barbie yang berasal dari Nigeria.

Dilaporkan situs Daily Mail, boneka tersebut diciptakan pada tahun 2007 oleh Taofick Okoya, seorang paman yang bingung ketika hendak memberikan hadiah untuk keponakan perempuannya.

Pria 43 tahun ini ingin menghadiahkan boneka kulit hitam bagi keponakannya. Tetapi ia tidak berhasil menemukan satu pun boneka berkulit gelap di semua toko mainan yang ia datangi.

Dari sanalah Okoya mendapat ide untuk menciptakan Queen of Africa. Dibuat berdasarkan penampilan wanita dari tiga suku terbesar di Nigeria, boneka ini dimaksudkan sebagai perwujudan figur idola yang menampilkan kecantikan khas Afrika.

Selama ini boneka Barbie dituding menanamkan standar kecantikan yang tidak realistis bagi anak perempuan di seluruh dunia. Terutama yang tidak berasal dari ras kulit putih seperti Asia dan Afrika.

Akibatnya para gadis remaja menganggap tubuh super langsing, mata lebar, kulit putih, dan rambut pirang Barbie sebagai perwujudan kesempurnaan wanita dan saat dewasa mereka mencoba untuk mendapatkan penampilan serupa dengan berbagai cara.

Sementara Queen of Afrtica yang dijual dengan harga 4.50 Poundsterling mencoba menawarkan kecantikan khas Africa sebagai panutan para gadis.

Kehadiran boneka berkulit hitam ini disambut hangat oleh pasar Afrika. Terbukti dengan volume penjualan mencapai 9.000 unit yang dicapai dalam satu bulan saja. Penjualan Queen of Africa bahkan jauh melampaui Barbie, si boneka pirang keluaran Mattel.

Tak hanya di Afrika, sekarang boneka ini mulai merambah pasar Eropa,dan negara-negara di benua Amerika. Kira-kira kapan, ya, Indonesia punya boneka yang mewakili kecantikan lokal seperti ini?

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer