Gusti Nurul, Wanita Penolak Cinta Soekarno Meninggal Dunia

Gusti Nurul, Wanita Penolak Cinta Soekarno Meninggal Dunia

HarianDepok.com , Gusti Nurul atau yang bernama lengkap Siti Nurul Kamaril Ngasarati Kusumowardani meninggal dunia di usia yang ke-94 tahun. Penyakit Komplikasi akibat diabetes membuat Gusti Nurul dirawat selama dua minggu dan kemudian menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Boromeus, Bandung pada Selasa (10/11/2015) jam 08.00 pagi. Jenazah beliau dimakamkan di komplek Parahyangan Permai blok I nomor 1, Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Karangan bunga ucapan duka membanjir di rumahnya yang megah itu. Kecantikan Gusti Nurul ternyata sangat terkenal di zamannya. Tak terkecuali Presiden pertama RI Soekarno, Sultan Sjahrir hingga Sultan HB IX, dan Pangeran Djatikusumo pun bertekuk lutut atas kecantikan sang Putri. Tetapi mereka semua harus rela patah hati. Gusti Nurul menolak mereka semua dengan pertimbangan. Anak kedua dari Gusti Nurul, Aji Pamoso, 59 tahun bercerita tentang ibunya semasa hidup.

Tidak ada prestasi mentereng yang ditorehkan oleh wanita kelahiran tahun 1921 ini. “Dulu memang Pak Karno pernah mengidolakan ibu. Karena dulu ibu itu primadona di Solo,” ucap Aji di rumah duka, Selasa sore. Pada masa mudanya, Gusti Nurul yang merupakan putri bangsawan solo memang mempunyai kecantikan yang bisa memikat pria, tidak terkecuali Bung Karno. Tetapi ketertarikan dari Sang Putra Fajar pun ditolaknya.

Bahkan ia berani meninggalkan kebangsawanannya dan menikah dengan Suryo Sularso, orang biasa dari golongan tentara yang saat itu sudah menjadi duda beranak satu, dan pindah ke Bandung. “Justru yang mau melamar ibu itu Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Dia kan istrinya selir semua. Kalau mau punya permaisuri harus ada keturunan ningrat, nah dia inginnya ibu jadi permaisuri,” ungkapnya. Tetapi pinangan tersebut ditolak karena Gusti Nurul menolak keras poligami.

Gusti Nurul adalah seorang putri dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegoro VII, pemegang tampuk pemerintahan Mangkunegaran dari tahun 1916 – 1944. Gusti Nurul meninggalkan 7 orang anak dan 14 orang cucu dari pernikahannya dengan Suryo Sularso. Ketujuh orang anaknya adalah Sularso Basarah, Parimita Wiyarti, Aji Pamoso, Heruma Wiyarti, Rasika Wiyarti, Wimaya wiyarti, dan Bambang Atas Aji. Nama terakhir adalah anak angkat Gusti Nurul.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok