Ratusan Ribu Warga Depok Kurang Mampu Masih Belum Menerima kartu KIS

Ratusan Ribu Warga Depok Kurang Mampu Masih Belum Menerima kartu KIS

HarianDepok.com – Berita , Pemerintah Indonesia dalam upaya meningkatkan fasilitas kesehatan terhadap seluruh masyarakatnya pada beberapa waktu lalu, telah mencanangkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diwajibkan dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Namun, seiring berjalannya waktu, hal tersebut kerap menemui kendala dalam penerapannya dilapangan. Meski demikian, program ini masih terus berjalan meski terlihat lambat karena diimbangi oleh perbaikan sistem pengelolaannya di sana sini.

Di kota Depok sendiri saat ini dalam penerapannya pun juga mendapatkan hal yang serupa, yang diketahui bahwa sampai saat ini hanya 54.430 orang warga kota Depok di lima Kecamatan yang baru saja mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang nantinya akan digunakan sebagai tanda pengenal kepesertaan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kota Depok, Betsy Roeroe dalam keterangannya mengenai perihal tersebut mengatakan, kartu KIS yang saat ini baru saja dibagikannya kepada warga kota Depok, belum sepenuhnya tuntas karena masih ada lagi warga Depok yang belum menerima kartu yang jumlahnya diperkirakan sebanyak 280.943 orang.

“Data telah kami terima, namun saat ini kami terus berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menyelesaikan pendistribusian kartu kepesertaan KIS. Untuk itu kami akan secepatnya membagikan kartu kepesertaan KIS kepada warga yang berhak menerimanya,” jelasnya, Senin (09/11/2015).

Dari pendistribusian kartu kepesertaan KIS yang sampai saat ini telah disebarkannya sebanyak 54.430 kartu, telah diberikan kepada yang berhak di lima Kecamatan yang ada di Kota Depok yang diantaranya adalah Kecamatan Beji, Kecamatan Limo, Kecamatan Cinere, Kecamatan Cilodong dan Kecamatan Bojongsari.

Masih banyaknya warga yang belum menerima KIS yang dicetuskan pertama kali oleh Presiden Indonesia, Bapak Jokowi saat ini lantaran belum rampungnya pendataan ulang terhadap para peserta Jamkesmas dan Jamkesda oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Namun ia pun berjanji, jika pendataannya rampung dan tidak mengalami permasalahan di dalamnya, pihaknya akan segera mendistribusikannya ke warga.

“Warga Depok yang berhak untuk memiliki dan mendapatkan KIS sedang kami data kembali dengan data yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Depok. Sampai saat ini sebanyak 11 Kecamatan yang ada di Depok sudah sebagian kami berikan dan untuk sisanya, akan segera kami bagikan,” tandasnya.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: