Kinerja KPUD Depok Dianggap Kurang Oleh Tim Sukses Cawalkot Depok

Kinerja KPUD Depok Dianggap Kurang Oleh Tim Sukses Cawalkot Depok

HarianDepok.com – Berita , Kurangnya perhatian dan persiapan pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kota Depok dalam menyelenggarakan acara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok saat ini, disampaikan langsung oleh kedua tim pasangan Calon Wali dan Wakil Walikota (Cawalkot) Depok dengan memberikan kritikan pedas yang menjurus ke arah kinerja KPUD Depok selama ini.

Hal tersebut disampaikannya langsung selepas mengisi kuisioner di Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di kantor Komisi Pemilihan Umum pada beberapa waktu lalu yang pada saat itu kedatangannya bertujuan untuk membahas evaluasi pelayanan publik ke KPU.

Sario, selaku anggota tim koalisi dari partai pendukung pasangan Cawalkot nomor urut satu mengatakan, masih banyaknya yang tidak diperhatikan oleh tim KPUD Depok dalam menyelenggarakan acara Pilkada di tahun ini berakibat kepada jumlah suara yang nanti akan didapatkan oleh kandidatnya.

“Yang menjadi sorotan utama, keluhan kami dan tidak mendapatkan respon salah satunya adalah banyaknya alat peraga kampanye kandidat kami yang sudah rusak. Hal ini menjadi pertanyaan kami kepada tim KPUD Depok selaku pihak yang berwewenang dalam mengurusi APK para Cawalkot. Inilah yang membuat kami menganggap bahwa kinerja KPUD kurang maksimal,” tuturnya di Depok, Minggu (08/11/2015).

Senada dengan Sario, tim sukses Cawalkot Depok nomor urut dua, Anasyahtaria mengatakan, sampai dengan hari ini laporannya mengenai kesalahan pencetakan ribuan flyer kandidatnya disuarakan. Namun hingga kini keluhannya tidak mendapatkan solusi dari pihak KPUD Depok mengenai permasalahan tersebut.

“Sudah beberapa kali kami menyampaikan tentang permasalahan kesalahan pencetakan ini, tetapi sampai hari ini pihak KPUD Depok tidak ada respon dalam mencari jalan keluarnya. Mereka kan pihak yang bertanggungjawab mengenai penyelenggaraan Pilkada di Depok, seharusnya bisa langsung menanganinya. Kinerja KPU dalam melayani keluhan masih minus,” katanya.

Di lain pihak, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kota Depok, Titik Nurhayati dalam menanggapi permasalahan tersebut mengatakan, hal tersebut tentunya akan menjadi catatan pihaknya agar harus diperbaiki kedepannya. Namun yang berhak menilai kinerja KPU daerah dan Kabupaten adalah KPU Pusat. “Yang berwewenang dalam menilai kinerja kami adalah KPU Pusat,” tegasnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: