Kacau, Tiga Situ di Depok Beralih Fungsi Menjadi Tempat Pemukiman

Kacau, Tiga Situ di Depok Beralih Fungsi Menjadi Tempat Pemukiman

HarianDepok.com – Berita , Situ yang fungsinya sebagai salah satu tempat resapan air yang ada di wilayah kota Depok, saat ini keberadaannya masih banyak yang memprihatinkan bahkan ada beberapa situ yang saat ini sudah dialihkan fungsinya menjadi salah satu tempat pemukiman dan ruko. Diketahui bahwa sampai saat ini ada tiga situ yang dialihkan fungsinya yaitu Situ Krukut, Situ Pasir Putih dan Situ Cening.

Hal tersebut diiyakan oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda) kota Depok yang mengatakan bahwa di tiga situ tersebut memang sudah beralih fungsinya menjadi pemukiman tempat tinggal dan lahan tempat berjualan. Ini diduga disebabkan oleh lambatnya penanganan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menata kotanya sendiri.

Kepala Dinas Bina Marga dam Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok, Manto mengatakan, beberapa situ yang fungsinya sudah dialihkan dan berubah menjadi kawasan perumahan dan tempat komersil lainnya yang diantaranya adalah Situ Krukut yang terletak di Kecamatan Limo, Situ Pasir Putih yang berada di Kecamatan Sawangan dan Situ Cening yang berlokasi di Kecamatan Sukmajaya.

“Tiga Situ yang sudah berubah fungsinya dan menjadi kawasan perumahan dan ruko diantaranya Situ Pasir Putih, Situ Krukut, dan Situ Cening,” tuturnya di Depok, Sabtu (07/11/2015).

Dari keterangannya bahwa sebelum tiga situ tersebut dirubah fungsinya, ketiga situ masih dimiliki oleh Pemerintah dan difungsikan sebagai salah satu tempat resapan air di wilayah kota Depok. Namun, seiring waktu berjalan dan dibarengi dengan masuknya pihak pengembang menjadikan ketiga situ dimiliki oleh perseroan dan sudah disertifikasi atas nama pribadi.

Hal inilah yang menjadi satu permasalahan baru Pemkot Depok untuk mengambil lahan itu dan dikembalikan fungsinya menjadi salah satu kantung air serapan kota Depok.

“Saat ini, masalahnya masih terus dipelajari oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) kota Depok dan kasusnya inipun masih terus diselidiki dan ditangani oleh pihak kejaksaan. Bahkan sampai saat ini, Situ Pasir Putih masih terus dibahas di Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane,” jelasnya.

Ia pun menjelaskan kembali bahwa belum maksimalnya pemanfaatan situ yang ada di wilayah kota Depok saat ini terganjal oleh minimnya dana yang dimiliki oleh Pemkot Depok dalam menormalisasi sejumlah situ yang masih dimiliki oleh Pemkot Depok. Namun, pihaknya masih tetap berusaha agar hal tersebut dapat terus berjalan dengan meminta permohonan bantuan dana dari pihak terkait.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: