Disnakersos Depok Sebar Dana Santunan Kematian di Cimanggis

Disnakersos Depok Sebar Dana Santunan Kematian di Cimanggis

HarianDepok.com – Berita , Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam membantu kesulitan masyarakatnya saat ini telah menyisihkan anggarannya untuk dialokasikan dan diperuntukkan sebagai dana santunan kematian kepada warganya yang tertimpa musibah. Nantinya setiap warga atau sanak keluarganya yang ditinggalkan akan mendapatkan dana santunan kematian sebesar dua juta rupiah.

Pemberian dana santunan ini rencananya akan segera dilakukan dan dimulai pembagiannya pada hari Senin 09 November 2015 besok dengan target pemberian pertama akan dimulai di dua Kecamatan yang diantaranya Kecamatan Cimanggis dan Kecamatan Pancoran Mas.

Kepala Bidang (Kabid) Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok, Ani Rachmawati mengatakan, hal ini adalah tahapan yang keempat dengan total santunan yang diberikan kepada pihaknya sebanyak ratusan keluarga yang ditinggalkan.

“Ini adalah tahapan yang keempat dengan total santunan yang diberikan sudah mencapai sebanyak 539 ahli waris yang tersebar di wilayah kota Depok,” ungkapnya di Depok, Jum’at (06/11/2015).

Ani mengatakan, dana santunan yang diberikan nantinya pada pekan depan adalah merupakan sebagai salah satu kegiatan sudah masuk ke dalam tahapan keempat dimana pada tahapan yang sebelumnya sudah dilakukan pada Januari sampai dengan Maret, April sampai dengan Mei dan Juni sampai dengan Juli. Untuk tahapan yang keempat ini dana yang sudah dipersiapkan oleh pihaknya sebanyak 1,078 miliar rupiah yang nantinya akan disebarkan ke seluruh masyarakat kota Depok yang berada di sebelas Kecamatan.

“Untuk tahapan yang keempat ini, pihak kami sudah menyediakan dana dari anggaran daerah sebesar 1,078 miliar rupiah yang akan kami sebarkan ke masyarakat Depok di sebelas Kecamatan. Jadi untuk keseluruhan santunan yang telah kami jalankan sampai dengan saat ini jumlahnya mencapai 7,25 miliar rupiah,” jelasnya.

Ani pun berharap, dengan diberikannya santunan kematian kepada ahli waris setidaknya dapat membantu mengatasi kesulitan sanak keluarganya dalam mengurus jenazah, mulai dari memperbaiki makam dan biaya merawatnya, atau bisa juga dijadikan sebagai modal usaha untuk menutupi kebutuhan hidup sehari hari sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh yang ditinggalkan.

“Tujuan diberikannya santunan ini kan sudah jelas sekali yang dimana ditujukan kepada ahli waris dengan maksud memperingan beban ekonomi yang dideritanya pada saat ditinggalkan oleh almarhum almarhumah. Jadi saya mengharapkan kepada para ahli waris yang nantinya mendapatkan bantuan dana ini, dapat menggunakannta dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Untuk jadwal pencairamnya pun akan dilangsungkan dalam lima hari yang akan dimulai pada hari Senin 09 November 2015 yang berlokasi di Kecamatan Cimanggis dengan jumlah yang disantuni sebanyak 43 ahli waris dan Kecamatan Pancoran Mas. Sebanyak 67 ahli waris.

Sedangkan pada Selasa 10 November 2015 akan dilakukan di Kecamatan Bojong Sari dengan jumlah ahli waris sebanyak 36 orang dan Sawangan sebanyak 72 orang. Di Kecamatan Tapos dan Cilodong akan dilaksanakan pada hari Rabu 11 November 2015 dengan dengan masing masing oahli waris yang akan disantunkan sebanyak 87 dan 32 orang.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: