Ribuan Pengendara di Depok Kena Tilang Petugas

Ribuan Pengendara di Depok Kena Tilang Petugas

HarianDepok.com – Berita , Operasi Zebra yang digelar oleh pihak Kepolisian Kota Depok yang dimulai pada tanggal 22 Oktober 2015 lalu sampai dengan 4 Desember 2015 mendatang tercatat sudah ribuan  pengendara kendaraan yang terkena tilang oleh petugas yang rata rata para pelanggar masih di bawah umur serta tidak memiliki dokumen kelengkapan mengemudi.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Depok, Kompol Sutomo mengatakan, Operasi Zebra yang diselenggarakannya sejak beberapa hari yang lalu dan akan berakhir pada awal Desember mendatang pihaknya telah berhasil menindak para pelanggar lalu lintas sebanyak 6.133 kendaraan. Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2014 lalu yang hanya berjumlah sebanyak 5.931.

“Hasil daripada Operasi yang digelar kali ini, petugas berhasil mendapati dan menindak tegas para pelanggar sebanyak 5.879 kasus sedangkan sisanya diberikan teguran keras. Jumlah ini lebih banyak ketimbang di tahun 2014 lalu dimana para pelanggar yang kami tilang berjumlah 5.182 pelanggar sedangkan 749 pengendara mendapatkan teguran,” jelasnya, Jum’at (06/11/2015).

Dari hasil penyelenggaraan Operasi Zebra kali ini, mayoritas pelanggar masih diduduki oleh para pengendara kendaraan bermotor dimana sebagian besarnya ditilang dikarenakan tidak dapat menunjukkan kelengkapan dokumen kendaraan dan SIM. “Kebanyakan yang melanggar adalah pengendara motor dengan rata rata usia masih di bawah umur. Selain daripada itu, banyak juga yang ditilang karena tidak dapat menunjukkan surat kelengkapan mengemudi seperti SIM dan STNK,” tambahnya.

Sutomo mengaku, pengendara yang saat ini telah berhasil ditindaknya jauh daripada prediksinya yang hanya sebanyak 5.000 saja. “Ini sudah melebihi target yang kami perkirakan. Dari sinilah kita bisa melihat bahwa masih minimnya kesadaran para pengendara kendaraan terhadap aturan dalam berkendara di jalan raya,” katanya.

Dari penjelasannya, bahwa masih banyaknya para pengendara kendaraan bermotor yang tidak mematuhi rambu lalu lintas serta minimnya kesadaran dan kewaspadaan dalam berkendara merupakan salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas terjadi. Ini sangatlah jelas terbukti dari hasil Operasi Zebra yang digelarnya saat ini bahwa persentase pelanggar mengalami peningkatan sebanyak 10 laporan.

Selain daripada itu, banyaknya jumlah pelanggar yang didapati oleh petugas selama menjalankan operasi zebra kali menjadi salah satu upayanya untuk menekan tingginya angka pelanggaran yang terjadi saat ini. Dan juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi rambu rambu lalu lintas saat ini. Selain terhindar dari bahayanya kecelakaan, hal inipun juga dapat menekan tingkat kemacetan di kota Depok.

“Titik rawan kecelakaan masih dilokasi yang sama yang diantaranya biasa terjadi di Jalan Raya Parung Sawangan, Jalan Raya Sawangan dan Jalan Raya Bogor. Ketiga jalur penghubung tersebut meruoakan salah satu jalur perlintasan antara kota Depok dengan kota lainnya,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)