Diancam Bakal Dibunuh, 3 Jurnalis Lumajang Lapor Polisi

Diancam Bakal Dibunuh, 3 Jurnalis Lumajang Lapor Polisi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Seorang jurnalis TV One, Wawan Sugiarto alias Iwan di Lumajang saat ini beraktivitas dalam pengawalan polisi. Pengamanan terhadap Iwan dan dua jurnalis lainnya, Achmad Arief (JTV) dan Abdul Rachman (Kompas TV) dilakukan polisi usai mereka bertiga mendapatkan ancaman pembunuhan pada Kamis (05/11/2015) lalu. Usai melakukan pengaduan ke Polda Jawa Timur serta menjalani pemeriksaan di Surabaya, Iwan kini telah kembali dan beraktivitas di Lumajang sejak Minggu (08/11/2015).

Iwan juga sudah mulai kembali melakukan peliputan yang merupakan pekerjaannya sehari-hari. Namun untuk sementara, Iwan menetap di rumah orangtuanya di Kecamatan Pasirian. Menurut Iwan, ia mengalah terhadap ibunya yang khawatir serta meminta ia tinggal di rumah orangtuanya. “Ibu saya tahu dari TV, terus dari polisi juga. Padahal saya sengaja enggak bilang agar beliau tidak khawatir,” ucap Iwan. Iwan mengatakan, saat ini di kediamannya polisi berjaga bergantian.

Bahkan, ia pun merasa polisi terus mengawasinya saat berpergian untuk melaksanakan pekerjaannya. Walau rasa khawatir belum sepenuhnya hilang, menurut Iwan, ia tidak takut untuk terus mengawal kasus kisruh tambang pasir di Lumajang yang mencuat yang dipicu kasus pembunuhan Salim Kancil, seorang warga penolak tambang. “Kami akan terus mengawal kasus ini. Hanya saja, kami harus lebih hati-hati,” ucapnya.

Polda Jawa Timur sendiri sampai saat ini belum secara resmi memberikan keterangan hasil pemeriksaan ketiga jurnalis yang menjadi korban teror dan terduga peneror yang juga sudah ditangkap. Diketahui Iwan beserta dua jurnalis lainnya menerima ancaman pembunuhan kerena aktivitas peliputan mereka soal tambang pasir di Lumajang. Ancaman lewat pesan singkat itu dikirimkan seorang pelaku bisnis tambang pasir yang diduga merasa terganggu usahanya karena ekspos yang dilakukan oleh media massa.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok